Saturday , 7 December 2019
Home » Lifestyle » Katakan Peduli Remaja dengan Poster

Katakan Peduli Remaja dengan Poster

Lomba Poster Genre (BKKBN)

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Banyak cara menunjukkan kepedulian kepada permasalahan yang kerap membekap remaja. Kali ini, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Provinsi Jawa Barat memberikan kesempatan untuk unjuk kepedulian tersebut dengan menuangkan kreativitas berupa poster. Ya, sampai 17 September 2012 mendatang, BKKBN menunggu karya-karya terbaik untuk kemudian dipilih dua pemenang untuk kategori SMA dan mahasiswa atau umum.

Pesan apa saja yang bisa disampaikan di atas poster? Ditemui di sela pertemuan advokasi dan komunikasi, informasi, dan edukasi (KIE) di kantornya pada Kamis (13/9) siang, Kepala Sub Bidang Advokasi dan KIE BKKBN Jabar Elma Trijulianti menjelaskan, peserta diperkenankan memilih salah satu dari empat tema. Keempat tema tersebut terdiri atas Dua Anak Lebih Baik, Ayo Perangi Penyalahgunaan NAPZA, Katakan Tidak untuk Seks Bebas, dan Cegah HIV/AIDS Sejak Dini.

Pemenang kategori SMA atau sederajat, papar Elma, akan mendapatkan uang pembinaan Rp 1 juta dan piagam dari BKKBN. Sementara pemenang kategori mahasiswa dan umum mendapat uang pembinaan Rp 1,5 juta. “Yang dimaksud kategori umum di sini adalah mereka, baik laki-laki maupun perempuan, berusia 17-24 tahun dan belum menikah. Pemenang tiap kategori akan diikutkan pada lomba poster tingkat nasional,” terang Elma.

Lebih jauh Elma menjelaskan, poster dibuat di atas kertas ukuran A3 tanpa garis tepi, dengan media yang digunakan berupa pensil atau cayon, cat air, cat poster, maupun rekayasa digital. Khusus format digital, desain dapat dibuat dalam format JPG, BMP, GIF, atau TIFF dengan resolusi minimum 500 dpi. File dikemas dalam CD atau DVD dengan tetap menyertakan print out ukuran A3 satu halaman penuh tanpa garis tepi.

“Bersama dengan poster tersebut harap dilampirkan identitas berupa judul poster, nama peserta, kategori lomba, alamat peserta, nomor telepon, dan fotokopi identitas yang masih berlaku. Yang perlu diperhatikan, mohon agar poster tidak digulung,” kata Elma.

Peserta bisa mengirimkan poster secara langsung maupun lewat pos kepada panitia dengan alaman Sub Bidang Advokasi dan KIE BKKBN Jawa Barat, Jalan Surapati Nomor 122 Bandung. Poster paling lambat diterima pada 17 September 2012 pukul 12.00. “Apabila lewat waktu tersebut, poster dianggap diskualifikasi,” Elma mengingatkan.

Selanjutnya, informasi dan pengumuman pemenang akan disampaikan melalui website resmi BKKBN Jawa Barat dengan alamat www.jabar.bkkbn.go.id. Khusus pememang, panitia akan menghubungi secara langsung.(NJP)