Kapolrestabes Benarkan Penangkapan Kanit Reskrim

Kapolrestabes Bandung Kombes Winarto
Kapolrestabes Bandung Kombes Winarto

JABARTODAY.COM – BANDUNG Kepala Polrestabes Bandung Komisaris Besar Winarto membenarkan Kepala Unit Reserse Kriminal Polsek Bandung Kidul Ajun Komisaris DE terjaring dalam operasi tangkap tangan (OTT) Bidang Profesi dan Pengamanan Polda Jawa Barat pada Selasa (18/10).

“Untuk Bandung Kidul itu, memang benar kejadian penangkapan oleh Propam Polda. Iya (yang ditangkap) Kanit Reskrim,” ujar Winarto, di Mapolrestabes Bandung, Rabu (19/10).

Winarto mengaku, belum mengetahui secara detail kasus yang menimpa anak buahnya tersebut, termasuk temuan sejumlah uang sebanyak Rp 206,8 juta di Mapolsek Bandung Kidul. Pasalnya, dirinya belum mendapatkan laporan tembusan secara rinci. “Saya masih belum tahu. Karena masih dalam penyelidikan Propam Polda,” akunya.

Namun begitu, Winarto meyakini sampai dengan saat ini baru satu orang yang diamankan oleh Propam Polda Jabar. “Informasi yang saya terima itu Kanit Reskrim, ya satu orang,” tegasnya.

Sedangkan untuk sanksi lebih lanjut, bila nantinya terbukti melakukan pelanggaran, Winarto menyatakan, bakal menunggu hasil pemeriksaan Propam. Termasuk soal penggantian posisi Kanit Reskrim. “Kalau soal itu kan ada mekanisme di Wanjak (Dewan Kebijakan Jabatan dan Kepangkatan),” tandasnya.

Diberitakan, pada Selasa (18/10), pukul 20.15, telah datang sembilan petugas Pengamanan Internal Polri (Paminal) ke Mapolsek Bandung Kidul dan melakukan OTT kepada Kanit Reskrim.

Barang bukti yang ditemukan, di antaranya uang tunai sebesar Rp 147,3 juta dan Rp 500 ribu di laci ruangan Kanit Reskrim. Uang tunai sebesar Rp 49,2 juta di rumah Kapolsek Bandung Kidul.

Uang tunai senilai Rp 4,8 juta, uang tunai Rp 5 juta, tiga Buku Pemilik Kendaraan Bermotor beserta tiga STNK, dan korek gas merk Zippo berikut botol isi ulang gas. (vil)

Related posts