Friday , 22 November 2019
Home » Pendidikan » Jenis-Jenis Teks, Analisis Fungsi, Struktur dan Kaidahnya serta Langkah Penulisannya

Jenis-Jenis Teks, Analisis Fungsi, Struktur dan Kaidahnya serta Langkah Penulisannya

Judul Buku : Jenis-Jenis Teks, Analisis Fungsi, Struktur dan Kaidahnya serta Langkah Penulisannya. Penulis         :  Dr. E. Engkos Kosasih, M.Pd. (Narasumber Nasional Implementasi Kurikulum 2013). Penerbit       :  Yrama Widya, Bandung Cetakan        :  Pertama, November 2014 Tebal             :  vi + 322 halaman
Judul Buku : Jenis-Jenis Teks, Analisis Fungsi, Struktur dan Kaidahnya serta Langkah Penulisannya.
Penulis : Dr. E. Engkos Kosasih, M.Pd. (Narasumber Nasional Implementasi Kurikulum 2013).
Penerbit : Yrama Widya, Bandung
Cetakan : Pertama, November 2014
Tebal : vi + 322 halaman

BANDUNG – JABARTODAY.COM

Suatu teks, sejatinya tidak hanya dapat dipahami atau ditafsirkan melalui kegiatan membaca, namun bisa juga dengan menyimak/mendengarkan. Selain dipahami isinya (content/message), teks menurut Kurikulum 2013 dipandang sebagai suatu genre yang mesti dikaji pula struktur dan kaidahnya.

Dalam Kurikulum 2013, teks dibagi berdasarkan faktualitasnya, yakni teks faktual (ilmiah) dan non faktual (imajinatif/sastra). Buku ini menyuguhkan dua jenis teks tersebut antara lain: anekdot, eksposisi, ekplanasi kompleks, laporan hasil observasi, negosiasi, prosedur kompleks, berita, iklan, editorial, pantun, cerpen, novel, teks sejarah, cerita ulang, dan ulasan film/drama.

Buku ini menarik dan penting dibaca oleh berbagai kalangan terutama bagi kalangan pelajar SMA/MA/SMK di seluruh penjuru nusantara, karena jenis-jenis teks yang disuguhkan merupakan bagian dari mata pelajaran Bahasa Indonesia yang tersebar dalam tiga kelas (kelas X, XI, XII). Dalam buku karya Dr. E. Kosasih, M.Pd. ini, masing-masing teks diulas dan dikaji berdasarkan struktur dan kaidahnya dengan alur kegiatannya dimulai dengan memahami, membandingkan, menganalisis, mengevaluasi, menginterpretasi, memproduksi, menyunting, mengabstraksi, dan mengonversi dari bentuk teks yang satu ke bentuk teks lainnya. (zam)