Jabar Segera Punya Bandara Internasional

  • Whatsapp

JABARTODAY.COM.: MAJALENGKA- Pemerintah Pusat bersama  Pemerintah Provinsi Jawa Barat sudah menyelesaikan  pembebasan lahan seluas 340 hektare di tiga desa, masing-masing Kertajati, Bantarjati, dan Kertasari. Pembebasan lahan tersebut diperuntukkan bagi pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat.

Pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat tersebut berlokasi  di Kertajati, Kabupaten Majalengka. Menurut Kepala Balai Pengelolaan Bandar Udara Sukowiranto, Pemerintah Pusat tahun ini akan memulai pembangunan drainase di sisi udara meliputi runway, taksiway serta efron dengan anggaran diperkirakan senilai Rp 10 miliar yang dananya bersumber dari APBNP.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan memulai pembangunan benteng pembatas di wilayah Desa Bantarjati sepanjang kurang lebih 3 km dengan ketinggian benteng sekitar 1 meteran.

“Untuk pembangunan di wilayah sisi udara ditangani oleh Pemerintah Pusat mengacu pada Peraturan Pemerintah No 40 tahun 2011 tentang Pembangunan Lingkungan Bandar Udara, sedangkan Pemerintah provinsi menangani pembangunan sisi darat,” ungkap Sukowiranto.[fah]

Berita Terkait