Thursday , 2 April 2020
Home » Pendidikan » Iskandar Dilantik Jadi Rektor UNIKU 2013-2016

Iskandar Dilantik Jadi Rektor UNIKU 2013-2016

iskandarhasan.staffsite.uniku.ac.id

JABARTODAY.COM KUNINGAN

Rektor Universitas Kuningan (UNIKU) 2013-2016 terpilih, Dr H Iskandar MM. hari ini akhirnya resmi dilantik oleh Ketua Yayasan Pendidikan Sang Adipati Kuningan, Drs H Uri Syam SH. di Gedung Student Center, Kamis (03/01).

Hadir dalam prosesi pelantikan ratusan undangan dari kalangan pejabat Pemkab Kuningan, dosen dan juga kalangan mahasiswa Uniku.

Dalam sambutannya usai dilantik, Iskandar mengungkapkan, bagi siapa saja yang mengikuti perkembangan UNIKU sejak ditetaskannya embrio pendirian perguruan tinggi di Kuningan tahun 1979 sampai lahirnya Uniku pada 2003, pasti akan mengakui idealisme yang sangat kuat yang mendorong semuanya itu terjadi. Itulah yang mendasari cita-cita para pendiri untuk mewujudkan sosok perguruan tinggi yang berkualitas namun terjangkau oleh rakyat kecil.

“Saya ingat betul, kala itu mereka rela tidak digaji atau digaji sangat kecil, karena uang kuliah dari mahasiswa itu cukup menggaji dosen-dosen dari bandung. Manajemen pengelolaan lebih ke manajemen paguyuban yang didasarkan pada manajemen rasa sehingga pada awal perkembangannya lebih menyerupai sebuah keluarga besar ketimbang sebuah organisasi modern,” ungkapnya.

Dikatakan Iskandar, proses suksesi empat tahunan (Pemilihan Rektor, red) merupakan salah satu norma dasar yang ingin dibangun dan dibudayakan. Momentum tersebut sangat bernilai tidak saja dari sisi internalisasi demokrasi dan otonomi perguruan tinggi, namun  juga sangat penting dalam konteks membangun untuk melakukan perbaikan terus menerus dalam kebijakan dan tata kelola lembaga.

“Ini juga dilakukan untuk menuju universitas berkualitas yang dicita-citakan. Sesuai tradisi demokrasi, evaluasi kepemimpinan merupakan keharusan yang harus dilakukan secara regular,” katanya. (ade/kuningannews)