Iniesta Pemain Terbaik Eropa 2012

  • Whatsapp
Andres Iniesta berpose usai menerima penghargaan Pemain Terbaik Eropa 2012 di Monaco, Kamis (30/8) malam. (UEFA.COM)

JABARTODAY.COM – MONACO

Andres Iniesta akhirnya sukses mencatatkan namanya sebagai pesepakbola terbaik di Benua Biru. Gelandang Barcelona berusia 28 tahun ini berhasil menyisihkan dua pesaingnya, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo, dalam pemilihan Pemain Terbaik Eropa 2012 versi Uni Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA) di Monaco, Kamis (30/8).

Iniesta yang sudah dijagokan dalam tiga tahun terakhir meraih gelar paling bergengsi di Eropa tersebut setelah mendapatkan 19 suara dari total 53 jurnalis olahraga dari setiap negara yang menjadi anggota UEFA. Jumlah ini hanya berselisih dua poin dari Messi dan Ronaldo yang masing-masing mendapat 17 suara.

Di level tim, Iniesta merupakan pilar utama Barcelona dalam beberapa musim terakhir. Meski musim lalu hanya meraih gelar “hiburan” Copa del Rey, penampilan apik pemuda yang mulai terjun menjadi pengusaha anggur ini berhasil memikat mata Eropa. Tiga tahun sebelumnya, Iniesta berhasil mengantar tim Catalan tersebut merengkuh tiga gelar Liga dan dua gelar Liga Champions.

Kesuksesan Iniesta tahun ini lebih mentereng di level timnas Spanyol. Iniesta membawa Tim Matador dua kali juara Piala Eropa 2012 dan sekali Piala Dunia. Dia juga terpilih sebagai pemain terbaik di ajang akbar empat tahunan tersebut.

“Aku merasa sangat terhormat dan mendedikasikan penghargaan ini untuk rekan-rekanku di Barcelona dan Spanyol. Aku merasa istimewa berada di sini bersama pesepakbola terbaik, yaitu Leo (Messi) dan Cristiano,” ujar Iniesta.

Perebutan tahun ini merupakan ulangan tahun lalu yang juga di isi tiga nama: Messi, Ronaldo, dan Iniesta. Dua tahun sebelumnya, Iniesta bersaing dengan dua rekan setimnya di Barcelona. Dan, tahun ini meraih gelarnya. Selamat, Iniesta! (NJP/UEFA.COM)

Related posts