Ini Strategi HPM Lahirkan SDM Unggul

  • Whatsapp
Presiden Direktur PT HPM, Tomoki Uchida
jabartoday.com/net

JABARTODAY.COM – KUNINGAN¬†— Dalam dunia bisnis, salah satu unsur yang tidak kalah pentingnya adalah kehadiran dan ketersediaan sumber daya manusia (SDM). Pasalnya, SDM unggul dan andal dapat menjadi pendongkrak kinerja serta daya saing.

Dasar itu pula yamg membuat PT Honda Prospect Motor (HPM) siap melahirkan SDM unggul melalui skema transfer teknologi sejak dini. “Ini berupa Program Pendidikan Dasar yang bergulir sejak 2000. Tujuannya mempersiapkan kalangan pelajar yang apabila pasca lulus menjadi teknisi unggulan dan diserap industri otomotif,” tandas Tomoki Uchida, President Director PT Honda Prospect Motor dalam Honda for Indonesia di SMK Negeri 3 Kuningan Jabar, Jumat (26/1).

Menurutnya, melalui agenda ini, pihaknya pun berkeinginan kuat memajukan dunia pendidikan, khususnya, yang berkaitan dengan industri otomotif. Diutarakan, dalam program ini, pihaknya menggandeng sekolah menengah kejuruan (SMK).

Pada program ini, tambahnya, pihaknya menyelenggarakannya bertahap. Antara lain, jelasnya, berupa pelatihan untuk para guru dan pengajar SMK Negeri 3 Kuningan. Lalu, tambahnya, seleksi siswa berprestasi dan berkemauan tinggi yang ingin langsung berkarir bidang otomotif. “Lalu, memberikan pelatihan bagi siswa-siswi terpilih untuk melakukan praktik pada jaringan dealer selama 4 bulan,” tuturnya.

Selain itu, sahut dia, pihaknya pun memberikan bantuan sejumlah alat peraga untuk praktik. Yaitu, ungkapnya, 1 unit Honda Brio, shop manual, common dan special tools, dan beragam informasi lainnya. Bahkan, tegasnya, pihaknya pun beri peluang kerja kepada para siswa yang masuk program ini pada jaringan dealer.

Di tempat sama, Marketing & Aftersales Service Director PT HPM, Jonfis Fandy, menambahkan, ada hal lain yang membuat pihaknya menggulirkan program ini. Yakni, sahut dia, setiap tahun, kebutuhan tenaga kerja terlatih terus meningkat. “Itu terjadi karena industri otomotif nasional terus berkembang,” tutupnya. (win)

Berita Terkait