Ini Pun Jadi Jurus Bulog Jaga Ketahanan Pangan

(jabartoday.com/erwin adriansyah)

JABARTODAY.COM – BANDUNG — Sebagai lembaga Merah Putih bidang pangan, Perum Bulog memiliki kewajiban dan tanggung jawab untuk menjaga ketahanan pangan nasional. Satu di antaranya, melakukan pengembangan jaringan melalui Rumah Pangan Kita (RPK).

“Hadirnya RPK sebagai upaya menjaga ketahanan pangan melalui sistem distribusi yang kuat. Selain itu, RPK pun dapat berperan sebagai mendongkrak pertumbuhan ekonomi,,” tandas Kepala Perum Bulog Divisi Regional (Divre) Jabar, Achmad Ma’mun, di RPK Bulog Center, Jalan Terusan Buah batu Margacinta Bandung, Kamis (23/8).

Mantan atlet bolavoli Sea Games 1980-an ini meneruskan, sistem distribusi yang mumpuni perlu didukung oleh keberadaan jaringan yang kuat. Agar pola jaringan berlangsung positif, lanjutnya, perlu berkonsep win win solution dan punya sinergi yang juga kuat.

Menurutnya, hadirnya RPK pun bermanfaat sebagai penyebarluasan dan pemerataan produk pangan kepada masyarakat dalam harga yang ditetapkan pemerintah, yakni Harga Eceran Tertinggi (HET). “Ini (RPK) pun dapat menjadi sebuah langkah antisipasi kemungkinan terjadinya gejolak harga, yang biasanya, terjadi pada beberapa bulan krusial, yaitu November, Desember, dan Januari,” paparnya.

Sejatinya, ungkap Achmad Ma’mun, jumlah RPK di wilayah kerjanya mencapai ribuan unit. Namun, tegas dia, saat ini, pihaknya melakukan tata ulang agar kinerjanya lebih optimal sehingga masyarakat dapat merasakan manfaatnya secara lebih besar lagi.  (win)

Related posts