Friday , 6 December 2019
Home » Lifestyle » Ini Dia Pemenang Lomba Poster Genre Jabar

Ini Dia Pemenang Lomba Poster Genre Jabar

Tim juri menunjukkan poster pemenang Lomba Poster Genre Jabar 2012. (DOK. BKKBN JABAR)

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Siapa yang akan mewakili Jawa Barat dalam Lomba Gambar Poster Generasi Berencana (Genre) 2012 tingkat nasional akhirnya terjawab. Tim seleksi tingkat provinsi yang dibentuk Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Jawa Barat memilih satu poster untuk masing-masing kategori.

Tim juri yang terdiri atas Syauqy Lukman MSM, Rhily Mahalia Zoro MDs, dan Dra Hj Linda Herliany memutuskan Fahmi Syihabudin sebagai pemenang kategori pelajar SMA. Siswa SMA Bina Muda Cicalengka ini berhasil meraih tempat  terbaik setelah mengumpulkan nilai 281 poin.

Kategori mahasiswa berhasil dimenangkan Adryana Putri, mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB). Adapun kategori umum dimenangkan Siti Hadiyanti, warga Kampung Baru, Ujung Berung, Kota Bandung Bandung.

“Para pemenang berhasil menyampaikan pesan penting program kependudukan dan keluarga berencana (KKB) secara sederhana. Melalui pesan visual, mereka berbicara bahwa program KKB itu sangat logis dan relevan dalam kehidupan sehari-hari,” terang Kepala Sub Bidang Advokasi dan KIE BKKBN Jabar Elma Trijulianti saat ditemui usai pengumuman pemenang seleksi tingkat provinsi pada Selasa (19/9) lalu.

Dia mencontohkan, poster dengan judul “Dua pasang tangan untuk dua pasang tangan” berisi gambar dua anak yang menggantung pada dua pasang tangan orangtuanya. Poster ini menyiratkan pesan bahwa orang tua kesulitan untuk membagi peran manakala anak yang dimiliki lebih dari dua orang. Karena itu, program KKB menjadi sangat penting.

Ada lagi poster yang menampilkan dua perahu mengapung di atas perairan. Satu perahu berpenumpang empat orang, dua anak dan sepasang suami-istri. Perahu tampak berdiri dalam kondisi seimbang. Tidak jauh dari situ, terdapat satu perahu dalam keadaan setengah tenggelam karena kelebihan penumpang. Pesan visual tersebut diperkuat dengan teks, “Dua anak lebih baik, kita arungi samudera kehidupan dengan nyaman.”

“Gambar-gambar tersebut sangat manis. Pesan yang disampaikan juga kena langsung kepada program. Wajar bila juri memilih poster-poster tersebut. Secara umum, saya menilai ada potensi besar di kalangan remaja untuk turut berperan serta dalam program KKB. Kreativitas mereka yang dituangkan dalam poster menunjukkan hal itu,” papar perempuan yang sebelumnya lama berkecimpung di dunia remaja ini.

Disinggung mengenai juri, Elma mengaku sengaja mengundang pihak luar untuk mendapatkan penilaian objektif dari sebuah karya. Dari tiga juri, dua di antaranya merupakan praktisi komunikasi visual. Syauqy Lukman merupakan lulusan Magister Sains Manajemen SBM ITB dan Sarjana Komunikasi dari Fikom Unpad. Dia merupakan layouter tetap di suplemen Belia Pikiran Rakyat serta komikus tetap Abel dan Lia di media yang sama.

Rhily Mahalia Zoro adalah ulusan Magister Desain dari Fakultas Seni Rupa ITB. Saat ini mengajar di institusi yang sama dan menjadi freelance interior designer untuk berbagai project. Dia aktif di berbagai kegiatan seni dan pernah menjadi colour consultant di Ralston De Verfkeuken, Paint Kitchen.

Sementara itu, Linda Herliany adalah Kepala Sub Bidang Bina Ketahanan Remaja BKKBN Jawa Barat. Ibu yang satu ini memiliki ketertarikan besar terhadap seni dan ikut berkecimpung di dalamnya. Mendalami isu-isu yang berkaitan dengan kesehatan reproduksi remaja. Linda juga aktif melakukan pembinaan pada Pusat Informasi dan Konseling Remaja dan Mahasiswa se-Jawa Barat.(NJP)