Home » Bandung Raya » Indonesia Jadi Tamu Festival Budaya Eropa

Indonesia Jadi Tamu Festival Budaya Eropa

foto: erwin adriansyah
foto: erwin adriansyah

JABARTODAY.COM-BANDUNG— Ternyata, negara ini punya daya tarik luar biasa, termasuk dalam seni dan budaya. Buktinya, republik ini dipercaya oleh salah satu kerajaan di Eropa, Belgia.

“Benar. Indonesia mendapat kepercayaan Belgia. Kepercayaan itu berupa menjadi tamu kehormatan penyelenggaraan kebudayaan Eropa yaitu Europalia pada 2017,” tandas Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Prof K Sumarijan, di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika Bandung, belum lama ini.

Diterangkan, Europalia merupakan sebuah agenda kebudayaan besar. Ajabg tersebut, tukasnya, berupa pameran kebudayaan yang selama ini, berlangsung di 72 titik negara Eropa.

Menjadi tamu kehormatan, Europalia itu, jelas Sumarijan, berdasarkan penilaian. Adalah tim penilai Brussel, tuturnya, yang memutuskan hal itu. Mereka, kata, menilai Indonesia memenuhi persyaratan menjadi kontestan. Syaratnya, jelas dia, antara lain, memiliki beragam situs kebudayaan dan sejarah.

Ditegaskan, meski bergulir 2 tahun lagi, pihaknya melakukan berbagai persiapan sejak awal. Di antaranya, ungkap pria berbusana batik ini, berkoordinasi dengan seluruh pihak yang berkaitan dengan kebudayaan, termasuk pemerintah daerah.

Selain itu, tambahnya, pihaknya pun menyiapkan upaya lain. Yaitu, sahutnya, membentuk sebuah tim. “Kami segera membentuk tim kutator,” tegas Sumarijan.

Untuk meyemarakkan dan menyukseskan agenda akbar itu, Sumarijan mengemukakan, pihaknya berencana memamerkan beragam peradaban Indonesia. Misalnya, peradaban prasejarah, era kerajaan, dan lainnya. (ADR)