IKA UPI Kota Tasikmalaya Gelar Pelatihan “Master of Teacher”

  • Whatsapp

JABARTODAY.COM – TASIKMALAYA

Institusi pendidikan dewasa ini dituntut untuk  responsif terhadap perkembangan dunia akibat  pesatnya teknologi informasi dan komunikasi. Abad 21  membawa kita kepada situasi pendidikan yang terbuka, borderless dan kelimpahan sumber belajar. Dalam institusi sekolah, Guru dewasa ini tidak dipandang lagi sebagai satu- satunya sumber belajar (teacher-centred) sehingga peran dan posisi guru di abad ini lebih kepada fasilitator  dan pembangun karakter dan jati diri siswa. Posisi ini menghendaki pula terciptanya guru- guru masa depan yang memiliki visi futuristik yang menjadikan perkembangan ICT sebagai bagian dari upaya menghasilkan proses pendidikan yang efektif dan bermakna.

“Maka dari itu Ikatan Alumni Universitas Pendidikan Indonesia (IKA UPI) Kota Tasikmalaya merespons fenomena ini. Pada tanggal 29-31 Oktober 2012,  bekerja sama dengan Intel®Education Indonesia, Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya dan PT. Telkom menyelenggarakan pelatihan  Pengembangan Pembelajaran abad 21 Intel Tech Getting Started yang bertempat di Gedung Telkom Indonesia Kota Tasikmalaya,” ujar Syarif Hidayat, Ketua IKA UPI Komda Kota Tasikmalaya kepada Jabartoday.com, Tasikmalaya, Selasa (30/10).

Acara pelatihan ini dibuka oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya, Budiaman Sanusi, S.Sos. Hadir pula Manajer Telkom Priangan Timur Wahyudin S. (Manajer Telkom Priangan)   dan Ganis Samoedra M. (Business Development Manajer Intel Indonesia). Acara pembukaan dilakukan secara sederhana penuh keakraban namun tidak meninggalkan kekhidmatan.

Sesuai dengan tujuan dari Intel®Education Indonesia, pelatihan ini diciptakan untuk membantu para praktisi pendidikan khususnya guru untuk memiliki semacam kesadaran dalam mengembangkan pembelajaran di abad 21.

Business Development Manajer Intel Indonesia, Ganis Samoedra M. mengungkapkan, pelatihan ini dilakukan untuk menghasilkan Master of Teacher di lingkungan Disdik kota Tasikmalaya,  ke depan merekalah yang akan menjadi semacam agen pembaharu dalam memperkenalkan wajah pendidikan transformative abad 21.

Pelatihan ini dihadiri oleh 55 guru terpilih dari berbagai UPTD dan pengawas se-Kota Tasikmalaya. Para peserta merupakan perwakilan dari tiap UPTD se-Kota Tasikmalaya yang memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan oleh panitia. Para peserta selama 3 hari dilatih menjadi master of trainer yang nantinya diharapkan mampu men-train guru-guru lain yang belum mengikuti pelatihan seperti ini. Pematerinya langsung dari Senior Trainer Intel®Education Indonesia, Heru Triwoyono, yang telah berpengalaman dan certified. (HANY HADIYANTI)

Berita Terkait