Honda Optimistis All New HR-V Bisa Tingkatkan Penjualan

JABARTODAY.COM – BANDUNG PT Honda Prospect Motor memperkenalkan model terbaru All New Honda HR-V secara virtual pada 23 Maret 2022. Untuk pertama kalinya di Indonesia, All New Honda HR-V menghadirkan varian RS dengan tampilan lebih sporty dan mesin 1.5L VTEC TURBO yang lebih bertenaga.

Selain itu, All New Honda HR-V kini juga telah dilengkapi dengan teknologi keselamatan canggih Honda SENSINGTM di semua varian.

Honda HR-V merupakan model medium SUV global dari Honda yang mencatat kesuksesan di berbagai negara.

Hadirnya All New HR-V menjadi sebuah optimisme baru bagi pabrikan asal Jepang untuk bangkit pasca terdampak pandemi Covid-19. Pasalnya, selama dua tahun pandemi di Indonesia, utamanya Jawa Barat dan Banten, penjualan mobil Honda mengalami penurunan cukup signifikan.

“Setelah melihat secara keseluruhan yang ada di All New Honda HR-V, serta rekam jejak penjualan dari Honda HR-V yang membanggakan, ini bisa menjadi salah satu kontributor besar untuk penjualan Honda di Jawa Barat dan Banten,” ujar Direktur Operasional Honda Bandung Center Iwan Tjandradinata, dalam jumpa pers yang dilakukan secara daring, Jumat (25/3/2022).

Berita Terkait

Diketahui, hingga Desember 2021 penjualan Honda HR-V telah mencapai 208.749 unit di Indonesia. Sementara untuk penjualan tahun 2021 di area Jawa Barat dan Banten, Honda HR-V mencapai angka 1.804 unit untuk type HR-V 1.5 dan 144 unit untuk type HR-V 1.8, serta menjadi market leader di kelasnya hingga saat ini.

“Selain itu, optimisme ini muncul karena kami juga telah mengeluarkan beberapa produk baru, line-up baru, yang tentunya ini menjadi salah satu strategi untuk meningkatkan kembali penjualan dan market share yang turun karena pandemi,” tutur Iwan.

Junior Area Sales Manager Honda Bandung Center Kevin Hartono menyebut kondisi penjualan di awal tahun sudah sangat baik dibanding sebelumnya. Pada Januari 2022, pihaknya mencatat penjualan hingga 8.000 unit dari seluruh varian mobil Honda.

“Walaupun pada Februari ini sedikit melandai, namun market sharenya justru lebih tinggi dibanding pada Januari 2022. Bila dibandingkan Februari 2021 dengan Februari 2022, total market sharenya mencapai kenaikan cukup signifikan yakni 9,4 persen, dan partisipasi market dengan ada produk Honda di dalamnya, naik hampir 20 persen. Sementara penjualan Hondanya sendiri naik 9 persen,” papar Kevin.

Untuk market share Februari 2022, diungkap Kevin, sama dengan Januari 2022, yakni market share partisipatik di angka 21,1 persen dan total market share sebesar 14,5 persen. Pada Februari ini, Honda masih menempati posisi keempat untuk penjualan di Jabar dan Banten.

“Bagaimana kondisi akumulasi atau Januari-Februari 2022 dibandingkan dengan Januari-Februari 2021? Kondisinya sudah sangat membaik dimana total marketnya tumbuh cukup besar dengan 21,8 persen, dan untuk market share Honda berada di angka 12,9 persen,” papar Kevin.

Dia tak menyangkal ada penurunan cukup signifikan dari penjualan Januari 2022 ke Februari 2022 atau hampir 30 persen. Pada Januari pihaknya mencatat penjualan hingga 8.000 unit, sedangkan Februari ‘hanya’ 5.675 unit.

“Namun penjualan kita cenderung lebih baik atau penurunannya lebih sedikit daripada market, sehingga market share kita naik cukup besar hingga 2,8 persen dibanding Januari 2022,” sebut Kevin.

Kevin menerangkan, Honda HR-V diperkenalkan di Indonesia pada saat yang tepat, dimana segmen medium SUV mulai tumbuh karena didorong konsumen generasi baru yang lebih muda dan menginginkan model SUV yang lebih compact, stylish, canggih, tapi tetap bertenaga dalam mendukung gaya hidup mereka yang dinamis.  

“Dengan berbagai perubahan dari sisi tampilan, teknologi, dan mesin, kami percaya All New Honda HR-V akan terus menjadi favorit konsumen di Indonesia,” kata Kevin.

All New Honda HR-V hadir dengan warna yang unik sesuai dengan karakteristik penggunanya, Sand Khaki Pearl sebagai warna baru. Serta beberapa warna lainnya seperti Ignite Red Metallic, Meteoroid Gray Metallic, Crystal Black Pearl, Lunar Silver Metallic, dan Platinum White Pearl.

All New Honda HR-V 1.5L S CVT untuk wilayah Jabar dan Banten dibanderol dengan harga Rp 356,4 juta. Sementara, All New Honda HR-V 1.5L E CVT dibanderol Rp 380,4 juta; All New Honda HR-V 1.5L E CVT (Two Tone) Rp 381,9 juta; All New Honda HR-V 1.5L SE CVT Rp 400,4 juta; All New Honda HR-V 1.5L SE CVT (Two Tone) Rp 401,9 juta; All New Honda HR-V 1.5L RS CVT Rp 500,4 juta; All New Honda HR-V 1.5L RS Turbo (Two Tone) Rp 501,9 juta. (*)

Related posts