Hati-hati, Sampah Bisa Jadi Penyebab Kebakaran!

  • Whatsapp
Dinding climbing milik Pemkot Cimahi, terbakar Selasa (2/12/2014) malam sekitar pukul 18.30 WIB, diduga karena tumpukan sampah yang dibakar.
Dinding climbing milik Pemkot Cimahi, terbakar Selasa (2/12/2014) malam sekitar pukul 18.30 WIB, diduga karena tumpukan sampah yang dibakar.

Cimahi-JABARTODAY.COM. Membuang sampah sembarangan telah banyak mengundang bencana. Seringkali kita disajikan berita dari peristiwa-peristiwa tragis yang melibatkan sampah atau pun limbah yang tidak dikelola dengan baik.

Sampah yang tidak dikelola dengan baik selalu mengundang bencana, mulai dari banjir, longsor, keracunan, hingga penyakit menular. Bahkan, sampah juga dapat menjadi pemicu kebakaran, seperti yang menimpa sarana kreatifitas warga Cimahi di taman Pemkot Cimahi.

Sarana olahraga panjat dinding atau biasa disebut climbing di kota Cimahi, telah terbakar Selasa (2/12/2014) malam sekitar pukul 18.30 WIB. Sarana milik Pemkot Cimahi tersebut hangus terbakar hingga setengah bagian.

Sampah yang menumpuk di dekat dinding climbing tersebut adalah buangan warga sekitar. Taman yang dibangun dekat Kantor Pemkot Cimahi di Jln. Raden Demang Harja Kusuma Blok Jati, Cihanjuang-Kota Cimahi, memang langsung berbatasan dengan pemukiman warga dan saat ini masih berlangsung proyek pembangunan di taman tersebut. Entah apa yang mendorong warga menjadikan fasilitas umum itu yang seharusnya menjadi sarana kreatifitas warga berubah menjadi tempat pembuangan sampah. Ini harusnya menjadi perhatian khusus bagi Pemkot Cimahi dan kesadaran warga, agar dapat tercipta penataan kota dan lingkungan yang lebih baik.

Tidak diketahui secara pasti apa penyebab kebakaran tersebut terjadi. Namun, diduga kuat api dipicu oleh sampah yang dibakar di dekat sarana panjat dinding yang terbuat dari fiber tersebut.

“Mungkin ini karena sampah yang dibakar dekat dinding, terus ditinggal begitu saja,” tutur seorang petugas piket Satpol PP yang kebetulan sedang bertugas malam itu. [Bagus Subagja]

Related posts