Hadapi Lebaran, Jasa Raharja Siapkan Santunan Tak Terbatas

jasa raharjaJABARTODAY.COM – BANDUNG
Sebenarnya, para pengguna jalan, berdasarkan UU No 33/1965, memperoleh perlindungan kecelakaan. Adalah PT Jasa Raharja yang menjadi operator pemerintah untuk memberi perlindungan tersebut. Perlindungannya, lembaga BUMN itu menyalurkan santunan, baik bagi korban meninggal dunia, luka-luka, maupun cacat tetap.
 
Kepala PT Jasa Raharja Kantor Cabang Jabar Edy Supriyadi, di PT Jasa Raharja Kantor Cabang Jawa Barat, Kamis (17/7/2014) malam, menegaskan, pihaknya berkomitmen penuh untuk memberi perlindungan bagi seluruh pengguna jalan dan angkutan pada momen Idul Fitri tahun ini.
 
Edy mengungkapkan, pada momen Lebaran tahun ini, pihaknya yang mengoperasikan 34 posko, yang terdiri atas 11 posko pengamanan dan 23 posko pelayanan kesehatan gratis di berbagai titik di Jabar, pihaknya menyiapkan dana santunan yang besar. “Angkanya tidak terbatas. Pastinya, kami  siapkan,” singkat Edy.
 
Berkenaan dengan penyaluran santunan pada semester I tahun ini, Edy menuturkan, di Jabar, pada periode Januari-Juni 2014, PT Jasa Raharja melakukan pencairan klaim santunan bernilai puluhan miliar rupiah. “Totalnya Rp 78,6 miliar,” tutur pria berdarah Tasikmalaya itu.
 
Edy mengemukakan, nilai santunan senilai Rp 78,6 miliar tersebut senilai Rp 1,8 miliar di antaranya adalah santunan bagi korban kecelakaan angkutan umum. Nilai santunan bagi korban kecelakaan non-angkutan umum bernilai Rp 76,8 miliar.
 
Diutarakan, nilai santunan tertinggi adalah bagi korban meninggal dunia yaitu sejumlah Rp 55,4 miliar bagi 1.972 orang. Santunan bagi korban kecelakaan yang mengalami cacat tetap, lanjutnya, senilai Rp 946,4 juta. “Untuk korban luka-luka, santunannya sekitar Rp 20-an miliar,” imbuh dia.
 
Edy menyatakan, total nilai santunan selama Januari-Juni 2014 tersebut lebih kecil daripada penyaluran periode yang sama tahun lalu. Pada Januari-Juni 2013, ungkap dia, pihaknya mencairkan santunan senilai Rp 85,6 miliar. “Turun. Itu terjadi karena berdasarkan data kepolisian, angka kecelakaan di Jabar turun,” terangnya. (ADR)

Related posts