Waspada  12-14 Desember 2020, Gelombang Tinggi di Perairan Jawa Barat Diprediksi Mencapai 3 Meter

  • Whatsapp
Tinggi gelombang laut di Perairan Utara Jawa Barat diprediksi mencapai 2 meter. ( ilustrasi foto: pixabay)

JABARTODAY.COM – BANDUNG – – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan tinggi gelombang laut di Perairan Jawa Barat. BMKG menyampaikan bahwa pada 12 Desember 2020 hingga 14 Desember 2020 diprediksi tinggi gelombang laut di Perairan Selatan Jawa Barat mencapai 1,5 meter hingga 3 meter.

Sementara itu, dilansir dari laman resmi BMKG Bandung dan dikutip dari pikiran-rakyat.com, Sabtu (12/12/2020)  tinggi gelombang laut di Perairan Utara Jawa Barat diprediksi mencapai 2 meter.

Pada wilayah Perairan Indonesia dibagi menjadi 5 tipe tinggi gelombang yaitu”

  • Gelombang tenang: 0,1 hingga 0,5 meter
  • Gelombang rendah: 0,5 hingga 1,25 meter
  • Gelombang sedang: 1,25 hingga 2,5 meter
  • Gelombang tinggi: 2,5 hingga 4,0 meter
  • Gelombang sangat tinggi: 4,0 hingga 6,0 meter

Sebelumnya BMKG merilis peringatan dini gelombang tinggi pada 10 Desember hingga 13 Desember 2020 pada seluruh Perairan di Tanah Air.

Disampaikan oleh BMKG bahwa Pusat Tekanan Rendah 1000 hPa terpantau di selatan Jawa dan sirkulasi angin terpantau di utara Aceh.

Baca Juga

Adapun pola angin di seluruh wilayah Tanah Air pada umumnya bergerak dari Barat Daya-Barat Laut, dengan kecepatan angin yang berkisar antara 6 hingga 30 knot.

Kecepatan angin tertinggi terpantau di Perairan Selatan Lampung, Perairan Selatan Banten hingga Jawa Barat, Selat Sunda Bagian Selatan, Laut Natuna Utara, Laut Jawa, Perairan Utara Jawa Tengah, dan Samudra Hindia Selatan Jawa.

Kondisi tersebut dilaporkan berakibat pada peningkatan tinggi gelombang di sekitar wilayah tersebut.

Dalam rilisnya, BMKG menyampaikan bahwa tinggi gelombang sangat tinggi mencapai 4,0 hingga 6,0 meter berpeluang terjadi di Samudera Hindia Selatan, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Barat.

BMKG juga mengimbau agar masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi untuk selalu waspada. [ ]

Redaksi: admin

Related posts