Empat Juta Pemilih Belum Tergarap Sosialisasi Pilgub

  • Whatsapp

JABARTODAY.COM – JAKARTA

Sedikitnya diperkirakan ada 3,8-4 juta orang warga Jawa Barat pemilik hak suara belum mendapat sosialisasi yang optimal atas rencana Pemilihan Kepala Daerah Jawa Barat pada Februari 2012. Angka itu dari hasil survei Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis) pertengahan bulan ini.

Direktur Eksekutif Puskaptis Husin Yazid menjelaskan, dari hasil survey diketahui bahwa tingkat pengetahuan akan  Pilkada Jabar belum optimal. Dari keseluruhan resonden, yang mengaku sudah mengetahui perhelatan Pilkada Jabar mencapai 88,7 persen.

Sisanya yang belum mengetahui 6,5 persen dan yang masih bingung 4,8 persen. “Yang belum tahu dan bingung kebanyakan di kawasan selatan Jawa Barat misal Sukabumi dan sekitarnya, jelasnya dalam rilis, Senin 26 November 2012.

Dengan asumsi jumlah pemilih Jawa Barat sekitar 34 juta orang, maka dengan prosentasi yang sama sekali belum tahu dan yang masih bingung diperolehlah perkiraan angka 3,8-4 juta pemilih belum tergarap sosialisasi pilkada Jabar.

Untuk itu Husin mengimbau Komisi Pemilihan Umum Daerah Jawa Barat agar lebih gencar lagi menggelar sosialisasi Pilkada. Selain itu perlu juga peran pemerintah daerah dan panitia pengawas pemilu.

Sosialisasi juga bisa dilakukan partai-partai politik dengan memanfaatkan ¬†infrastruktur dan jaringan hingga tingkat paling bawah. “Sekaligus sosialisasi jagoannya,” kata Husin.

Menurut dia angka 3,8-4 juta itu signifikan untuk masing-masing kandidat. Sebab karena sengitnya persaingan, untuk menang satu putaran maka masing-masing kandidat minimal harus meraih sekitar 10-10,5 juta suara. “Itu untuk amannya,” katanya.

Adapun dari responden yang sudah mengetahui, lanjut Husin, yang mengaku akan ikut pilkada mencapai ¬†91,6 persen. Sementara yang tidak 5,8 persen dan yang masih mengambang 2,6 persen. “Tingkat elektabilitas sudah lumayan, tapi perlu digenjot lagi agar pilkada jabar semakin optimal,” tandas Husin. [Far]

Related posts