Dunia Usaha Bandung Siap Jalani AEC

jabartoday.com/net
jabartoday.com/net

JABARTODAY.COM – BANDUNG — Dalam beberapa bulan mendatang, negara ini terlibat dalam kesepakatan ekonomi negara-negara ASEAN atau ASEAN Economic Community (AEC), yang bergulir akhir 2015.  Karenanya, para pelaku usaha dan bisnis Kota Bandung, yang tergabung dalam Kadin Kota Bandung, terus melakukan persiapan menjelang bergulirnya ajang tersebut. Satu di antaranya, melalui Open House Enterpreneurship, yang bergulir 26-27 Maret 2015 di Graha Kadin Kota Bandung, Jalan Talagabodas 31 Bandung.

Ketua Kadin Kota Bandung, Deden Y Hidayat, mengemukakan, dasar pihaknya menggelar Open House 2015 karena pihaknya berkeinginan para pelaku usaha dan bisnis di Kota Kembang memanfaatkan momentum agenda ini sebagai persiapan dan bekal menjelang AEC. Menurutnya, mayoritas publik di negara ini, tidak terkecuali Kota Bandung, beranggapan AEC dapat mengancam ekonomi nasional. “Tapi, sebenarnya, ajang AEC 2015 pun dapat menjadi sebuah peluang. Karenanya, kami ingin mengubah paradigma tersebut, yaitu yang semula ancaman, menjadi peluang,” tandas Deden.

Deden berpendapat, pada dasarnya, Kota Bandung punya peluang dapat menjalani agenda AEC. Pasalnya, jelas dia, Kota Bandung, termasuk Bandung Raya, berstatus sebagai Kota Mode dan Kiblat Industri Kreatif. “Itu yang menjadi kekuatan Kota Bandung,” sambung Deden.

Melihat kondisi itu, Deden menyatakan, para pebisnis Kota Bandung harus memiliki mental tangguh dan kesiapan agar berdaya saing. Untuk itu, tegas dia, pihaknya memprioritaskan pembinaan generasi muda kota kembang. “Kekuatan Bandung terletak pada sumber daya manusia (SDM). Jadi, pemerkuatan SDM menjadi langkah strategis,” sahut Deden.  (ADR)

Related posts