Disdukcapil Gencar Lakukan Sosialisasi KTP Elektronik

Istimewa

JABARTODAY.COM – BANDUNG Berdasarkan catatan data tahun 2016 Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bandung, dari total jumlah penduduk Kota Bandung sebanyak 2.378.908 orang, jumlah warga yang telah memiliki Kartu Tanda Penduduk elektronik baru mencapai 1.426.048 orang.

Menurut Kepala Seksi Penyuluhan Administrasi Kependudukan Disdukcapil Kota Bandung Hanny Diyah, saat dihubungi, Selasa (10/1), dalam menyelesaikan program perekaman KTP elektronik, gencar dilakukan sosialisasi kepada warga yang belum melakukan perekaman. Sebab, jumlah warga Kota Bandung yang belum melakukan perekaman hingga kini masih sekira 82.890 orang.

Meski demikian, terhadap warga yang telah melakukan perekaman pun, diakui Hanny, masih belum bisa mendapatkan kepingan KTP elektronik. Pasalnya, pasokan blangko untuk mencetak kartu identitas tersebut masih kosong. “Dari total jumlah penduduk sekitar 2,3 juta yang sudah terekam baru mencapai 1.748.247 orang,” tutur Hanny.

Meski demikian, pihaknya belum bisa memberikan keterangan pasti, kapan warga yang telah melakukan perekaman dapat menerima kepingan KTP elektronik. Blangko KTP elektronik langsung diberikan dari pusat. Sehingga, sebagai penggantinya, warga yang telah melakukan perekaman, namun belum mendapatkan kepingan KTP elektronik mendapatkan surat keterangan pengganti identitas resmi.

Dalam surat tersebut tercantum data identitas seperti KTP, termasuk Nomor Induk Kependudukan tunggal warga yang merekam data. Surat tersebut bisa digunakan untuk berbagai keperluan administrasi, seperti SIM, STNK, kartu kesehatan maupun perbankan, papar Hanny. (koe)

Related posts