Di Jabar, Penjualan Yamaha Lampaui Target

  • Whatsapp

yamahaJABARTODAY.COM – BANDUNG

Pembatasan bahan bakar minyak bersubsidi jenis premium yang dilakukan pemerintah malah menjadi berkah bagi pabrikan sepeda motor asal Jepang, Yamaha. Menurut Direktur Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing Sutarya, penjualan mobil malah akan berkurang dan motor diperkirakan akan meningkat.

“Justru harapan kami malah naik. Karena bensin akan mahal dan sekarang banyak sepeda motor yang irit,” ujar Sutarya di sela-sela kegiatan Bakti 40 Tahun Yamaha Untuk Negeri di Lapangan Babakan Sari Bandung, Minggu (17/8/2014).

Disinggung soal penjualan Yamaha di Idul Fitri tahun ini, Sutarya mengaku, sangat tidak bagus. Namun, tetap ada peningkatan dari angka sebanyak 5% dibanding tahun 2013. Hal itu tidak lain, dikarenakan Lebaran kali ini bersamaan dengan tahun ajaran baru. “Ada peningkatan kalau dibanding tahun lalu. Di momen sama, penjualan kita biasa saja, tidak naik, tidak turun,” urainya.

Disinggung soal target, Sutarya mengatakan, pihaknya memproyeksikan penjualan nasional hingga akhir tahun sekitar 2,6 juta unit. Sedangkan realisasi hingga akhir Juli sebesar 1,4 juta unit.

Terkait MotoGP terhadap penjualan pihaknya, mengingat kedua pebalapnya, yakni Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi, berada di bawah Marc Marquez yang notabene menggunakan Honda, Sutarya tidak menampik adanya pengaruh. “Kalau untuk brand image masih terjaga. Soalnya konsumen kan lihat pebalapnya juga, bukan hanya motornya,” tukasnya.

Chief Distribution Distric System II Yamaha Bandung Johannes BS mengklaim penjualan di Jawa Barat meningkat 17% dibanding tahun lalu dengan market share 35%. Bahkan, target yang dicanangkan telah terlampaui sejak Juni. “Secara planning, (target) sekitar 200 ribu, dan itu sudah terlampaui. Kalau tidak ada hambatan, seperti krisis, akan bisa melebihi,” ucap pria berkacamata itu.

Johannes tidak menyebut angka pasti berapa unit yang telah dijual pihaknya, namun dirinya memastikan segmen matik masih mendominasi, disusul sport. Walaupun, segmen bebek sudah mulai menurun, tapi penjualannya tetap cukup baik di kisaran 10-15% dengan Jupiter MX sebagai andalannya. (VIL)

Related posts