Demi Pembangunan Trotoar, Satpol PP Bersihkan PKL

Satpol PP Kota Bandung melakukan penertiban terhadap PKL di Pasar Kosambi, Rabu (23/11). (jabartoday/eddy koesman)
Satpol PP Kota Bandung melakukan penertiban terhadap PKL di Pasar Kosambi, Rabu (23/11). (jabartoday/eddy koesman)

JABARTODAY.COM – BANDUNG Berdalih  percepatan pembangunan trotoar di Jalan Ahmad Yani, Satuan Polisi Pamong Praja Kota Bandung lakukan penertiban pedagang kaki lima (PKL), di kawasan Pasar Kosambi, Rabu (23/11) malam.

Penertiban dilakukan untuk mengembalikan fungsi trotoar. Dalam operasi tersebut, Satpol PP mengamankan dua roda dan sejumlah jongko yang berdiri di atas trotoar Jalan Ahmad Yani, dekat Pasar Kosambi. “Belakangan, Pemkot Bandung gencar lakukan pembangunan trotoar, agar tak terhambat, kami melakukan penertiban PKL yang berjualan di trotoar,” tutur Kepala Seksi  Ketertiban Umum Satpol PP Kota Bandung Satriadi Buana, saat ditemui di Jalan Ahmad Yani.

Satriadi menjelaskan, usai penataan trotoar, PKL kembali berjualan di trotoar. Karena itu, pihaknya tak segan lakukan tindakan tegas.

Menyoal relokasi PKL di kawasan Pasar Kosambi, Satriaadi mengaku, belum bisa memberi keterangan lebih lanjut. Pasalnya, operasi penertiban baru ditujukan pada pengembalian fungsi trotoar, yang mengacu pada Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2011 tentang Penataan dan Pembinaan Pedagang Kaki Lima.

Pedagang bingkai di perempatan Baranang Siang, kawasan Pasar Kosambi, Nonin (45), membenarkan kegiatan penertiban PKL yang dilakukan Satpol PP. Meski demikian, dirinya enggan berkomentar banyak terkait penertiban tersebut. “Saya gak tahu alasan pasti, mungkin karena di atas trotoar. Saya lihat pas diangkatnya aja,” singkatnya. (koe)

Related posts