Dede Yusuf: Pemerintah Harus Segera Ungkap Pelaku Pembakaran Hutan Riau

Ketua Komisi IX DPR Dede Yusuf (ccnindonesia)
Ketua Komisi IX DPR Dede Yusuf (ccnindonesia)

JABARTODAY.COM-JAKARTAKetua Komisi IX DPR RI Dede Yusuf menyesalkan sikap pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla yang terkesan lambat dalam menangani bencana asap di Riau dan wilayah Sumatera lainnya, termasuk mengungkap pelaku pembakaran hutan.

“Pemerintah tidak sigap tangani asap Riau. Langkah paling darurat itu segera padamkan api. Kedua, tangani korban sebaik-baiknya. Ketiga, ungkap pelaku pembakaran hutan dan segera proses hukum dan masukkan ke penjara,” tegas mantan Wakil Gubernur Jawa Barat itu saat diwawancara televisi swasta nasional, di Jakarta, Jumat (9/10/2015).

Dede Yusuf menegaskan, harus ada pihak yang bertanggung jawab atas kasus asap Riau dan segera diproses hukum agar tidak memunculkan spekulasi di masyarakat. Hingga saat ini tidak ada pihak yang bertanggungjawab atas bencana asap di Riau dan wilayah Sumatera lainnya.

“Segera ungkap pelakunya. Kalau ada oknum, siapa oknum itu? Pemerintah harus tegas ambil sikap, jangan seperti sekarang ini,” tegas Dede Yusuf.

Dede Yusuf membandingkan bagaimana mantan Presiden Susilo Bambang Yudoyono dalam menangani bencana.

“Pak SBY sigap-tanggap dan langsung terjun ke lokasi. Beliau juga menginap dan membangkitkan moral dan semangat para relawan, dokter, dan tim rescue,” tutur mantan aktior laga itu. (ruz)

 

Related posts