Tuesday , 10 December 2019
Home » Headline » Dede Yusuf Lepas Speedy Tour d’Indonesia Jakarta-Bali Etape 2

Dede Yusuf Lepas Speedy Tour d’Indonesia Jakarta-Bali Etape 2

Dede Yusuf melepas peserta tur Speedy de'Indonesia Etapa 2 (JABARTODAY.COM-FAHRUS ZAMAN FADHLY)

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Wakil Gubernur Jawa Barat Dede Yusuf melepas peserta balap sepeda Speedy Tour d’Indonesia Jakarta-Bali Etape 2 untuk rute Bandung-Ciamis di  di depan Gedung Sate Bandung, Senin (3/10).  Pada etape 2 ini, para pembalap yang berasal dari sejumlah negara itu akan menempuh jarak 112,7 kilometer. Sehari sebelumnya, para pembalap itu telah menyelesaikan Etape 1 di Jakarta yang menempuh jarak 98 kilometer.

“Etape 2 ini melewati rute Bandung-Ciamis. Rute ini akan melewati berbagai tanjakan dan turunan, pembalap sudah memahami kondisi itu. Rute etape 2 ini akan menjadi ajang promosi pariwisata Jawa Barat dan Indonesia. Saya berharap acara ini terus digelar Speedy setiap tahun,” harap Dede Yusuf.

Sebelum dilepas Dede Yusuf, panitia  menyerahlan hadiah kepada Tim Trengganu asal Malaysia yang menyentuh garis finis tercepat. Tim yang diperkuat pembalap asal Jepang mendapat hadiah US$ 2.000,-. Sementara Tim Polygoon asal Indonesia menduduki posisi 2 dan mendapat hadiah US$ 1.000. Posisi tiga dipegang oleh tim Hong Kong dan mendapat hadiah US$ 700.

Selanjutnya, pembalap Selasa (4/10) akan melanjutkan Etape 3 untuk rute Ciamis-Kawali-Kuningan-Cirebon yang menempuh jarak 114,7 kilometer. Selanjutnya, pembalap akan melanjutkan Etape 4 untuk rute Tegal-Semarang 157,7 kilometer. Tur yang akan berakhir di Denpasar, Bali ini terbagi dalam 10 etape.

Commissaire perlombaan Erwin Anwar  mengungkapkan tur sejauh 1.349,4 kilometer ini melintasi Jawa-Bali terbagi 10 etape. Di dalamnya termasuk dua circuit race di Jakarta dan Bali. “Dengan sistem (circuit race) ini, peluang pembalap Indonesia untuk bersaing dengan pembalap-pembalap luar negeri akan lebih besar,” ujar Erwin.

Di tempat yang sama, Direktur Keuangan PT Telkom Sudiro mengatakan bahwa Speedy Tour d’Indonesia 2011 adalah even yang keempat kalinya digelar. “Alhamdulillah, tahun ini diikuti oleh peserta yang lebih banyak dari berbagai negara, dengan total hadiah yang diperebutkan lebih besar,” ujar Sudiro. (Fahrus Zaman Fadhly)