Dalih Studi Banding, Pejabat UPI “Keluyuran” ke Luar Negeri

  • Whatsapp
Selama Dibawah kepemimpinan Rektor UPI, Prof. Dr. Sunaryo, diduga terjadi banyak penyimpangan masalah keuangan, termasuk dengan dalih studi banding ke luar negeri (berita.upi.edu)

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Sepanjang 2012 semua pimpinan UPI, mulai tingkat prodi/jurusan, fakultas, maupun universitas sering keluyuran ke luar negeri dengan judul alasan studi banding atau melalukam “MoU”. Seorang sumber di UPI menyebutkan, di akhir tahun 2012, Nopember – Desember, semua Ketua Program Studi di Sekolah Pascasarjana (SPs) UPI, pimpinan SPs, Dekan Fakultas dan pimpinan UPI yang berjumlah sekitar 40 orang keluyuran ke negara-negara Eropa selama 10 hari. Biaya perorangnya mencapai  Rp. 27 juta.

 

“Jadi bisa dihitung, kegiatan ini menghabiskan dana lebih dari Rp. 1 Milyar. Selain itu ternyata dari 10 hari kegiatan tersebut kegiatan resminya hanya 2 hari, jadi sisanya tentunya jalan-jalan alias pelesiran. Pada akhir tahun 2012 juga semua ketua jurusan/prodi, ketua divisi dan pimpinan fakultas di FPIPS  pergi ke Malaysia dan Singapura untuk tujuan yang tidak jelas,” jelas sumber yang tidak mau disebutkan namanya itu kepada wartawan, Jumat (22/02/2013).

Rektor  UPI, Catat “Rekor” Keluyuran

Sumber itu juga menyebutkan, selama tahun 2012 Rektor UPI, Prof. Dr. H. Sunaryo Kartadinata, M.Pd. pergi ke luar negeri sebanyak 9 kali, Pembantu Rektor Bidang Akademik dan Hubungan Internasional, Prof. H. Furqon, MA., Ph.D sebanyak 7 kali, Pembantu Rektor Bidang Keuangan, Sumber Daya, dan Usaha,  Prof. Dr. H. Idrus Affandi, M.Pd. sebanyak 6 kali, Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kemitraan, Prof. Dr. H. Dadang Sunendar, M. Hum sebanyak 5 kali dan Pembantu Rektor Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan, Pembantu Rektor Bidang Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan, Prof. Dr. H. E. Aminudin Azis, MA. sebanyak 6 kali.

 

 

Dekan FPIPS UPI, Prof. Karim Suryadi adalah dekan yang paling banyak keluyuran ke luar negeri (fpips.upi.edu)

Selain itu, Dekan-dekan Fakultas pun “rajin” pergi ke luar negeri, Dekan FPIPS, Prof. Dr. Karim Suryadi, M.SI sebanyak 5 kali, Dekan FIP, Prof. Dr. H. Ahman, M.Pd, Dekan   FPBS,  Prof. Dr. Nenden Lengkanawati, M.Pd. dan  Dekan FPOK masing-masing sebanyak 4 kali, Dekan FPTK, Prof. Dr. H. Mukhidin, ST.M.Pd. FPEB, Dr. H. Edi Suryadi, M.Si. dan FPMIPA Prof. Dr. R. Asep Kadarohman, M.Si. sebanyak 3 kali.

 

“Pimpinan UPI sangat sering pergi keluar negeri, jauh lebih sering dari anggota DPR pergi ke luar negeri. Padahal kalau anggota DPR ke luar negeri beritanya heboh,” ujar sumber tersebut. (tor)

 

 

Related posts