Tuesday , 18 February 2020
Home » Ekonomi » Daerah Ini Termasuk Pelanggan Listrik Terbesar di Tanah Air

Daerah Ini Termasuk Pelanggan Listrik Terbesar di Tanah Air

(jabartoday.com/net)

JABARTODAY.COM – BEKASI — Hingga kini, Jabar merupakan sebuah sentra industri nasional. Bagaimana tidak, sekitar 60 persen industri nasional berlokasi di Jabar. Adalah Bekasi yang menjadi salah satu kawasan industri nasional di Tatar Pasundan.

Tentunya, untuk menopang kinerja bisnis dan industri, Bekasi memerlukan pasokan energi listrik yang besar. Karenanya, wilayah tersebut menjadi salah satu konsumen energi listrik tertinggi di bumi Nusantara.

“Bekasi merupakan pelanggan terbesar kami di Jabar dan termasuk yang tertinggi di tanah air. Pendapatan kami dari wilayah Bekasi mencapai Rp 1 triliun per bulan,” tandas General Manager PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat (DJB), Iwan Purwana, pada PLN Bekasi Expo 2018 & Signing Ceremony 1 Miliar Volt Ampere Electricity Connection di Hotel Horison Bekasi, Rabu (18/4).

Ditegaskan, untuk memenuhi kebutuhan energi listrik, khususnya pelanggan industri dan bisnis di wilayah Bekasi, pihaknya menjalin perjabjian kerjasama jual-belu listrik dengan 37 pelanggan industri baru. Itu, jelasnya, terdiri atas 10 pelanggan tegangan rendah dan 27 pelanggan bertegangan menengah-tinggi.

Direktur Human Capital & Management. PT PLN (Persero), Muhammad Ali, mengatakan, saat ini, pemerintah menggulirkan program 35.000 Mega Watt (MW). “Sekitar 1.000 MW (1 miliar VA) berada di Bekasi,” kata Ali.

Dilanjutkan, perkembangan kebutuhan energi listrik terus berkembang. Sekitar 10 tahun terakhir, jumlah konsumsi listrik di Bekasi sekitar 1.300 MW. Akhir 2019, tambahnya, pihaknya memproyeksikan bertambah menjadi 2.300 MW. Karenanya, cetus Ali, guna merealisasikannya, pihaknya membangun IBT di dua titik, yang masing-masing berdaya 2 x 500 MW, yaitu di Bekasi dan di Tambun.  (win)