Home » Headline » Car Free Night Akan Diberlakukan

Car Free Night Akan Diberlakukan

Untuk mengurangi kemacetan di kota Bandung di malam hari, Polrestabes Bandung akan memberlakukan malam bebas mobil atau "car free night" (ilustrasi: skalanews)

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Mengurangi beban kendaraan yang masuk ke Kota Bandung pada saat Tahun Baru 2013, Polrestabes Bandung akan membuat Car Free Night atau Malam Bebas Kendaraan di beberapa titik, hal itu sesuai dengan perintah Kepala Kepolisian Republik Indonesia untuk mencegah kepadatan lalu lintas. Namun sebelum itu, pihak Polrestabes akan mengadakan rapat koordinasi dengan jajaran terkait, seperti Dinas Perhubungan.

“Setelah Natal, kita akan adakan rapat koordinasi dengan jajaran terkait, seperti Dishub, Pemprov Jabar dan juga para pengusaha. Hal itu untuk berkoordinasi bagaimana baiknya,” ujar Kapolrestabes Bandung Komisaris Besar Abdul Rakhman Baso yang didampingi Kepala Satuan Lalu Lintas Ajun Komisaris Besar Yully Kurniawan, Senin (24/12).

Wacana tersebut dipaparkan oleh Kapolda Jabar yang diteruskan ke Kapolrestabes Bandung dan diserahkan ke Kasatlantas Polrestabes Bandung. Dalam rapat itu, akan dibicarakan mengenai pola waktu, pengalihan arus, kantong-kantong parkir kendaraan, serta tanggapan masyarakat sekitar, bila jadi dilaksanakan. “Kalau masyarakat umum mungkin senang-senang aja, tapi masyarakat sekitar daerah tersebut harus dilibatkan. Sesuai protap (prosedur tetap) pukul 18.00 -06.00, namun kita melihat kondisi, karena ini situasional,” lanjut Rakhman.

Lokasi yang direncanakan untuk Car Free Night nantinya, yakni Jalan Asia Afrika, Jalan Tamblong, Simpang Dago hingga Cikapayang. Kemudian dari Dukomsel hingga Bandung Indah Plaza. Lokasi tersebut masih alternatif dan bisa ditambah tergantung situasi.

“Mungkin waktunya bisa mundur dan bisa maju. Kalau jam 3 pagi sudah cair, untuk apa kita berlakukan,” imbuhnya.

Polrestabes Bandung juga mengadakan apel untuk mengamankan Hari Natal dan akan ditempatkan di 29 pos pengamanan di seluruh titik Kota Bandung. (AVILA DWIPUTRA)