Bukan Hanya Jakarta, Kota Bandung Juga Rawan Kebakaran

  • Whatsapp

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Bukan hanya Jakarta yang mengalami  kebakaran, kota besar seperti Bandung juga mulai sering mengalami kebakaran. Menurut informasi yang dihimpun Jabartoday .com menunjukkan bahwa sepanjang Ramadhan hingga pasca Lebaran, Dinas Pemadam Kebakaran (Diskar) Kota Bandung mencatat ada 18 kasus kebakaran yang terjadi di Kota Bandung.

“Total peristiwa kebakaran selama Ramadhan hingga setelah Lebaran 24 Agustus kemarin ada 18 kejadian kebakaran,” kata Kadiskar Kota Bandung John Siregar di Markas Diskar Kota Bandung, Selasa (28/8).

John Siregar mengatakan, jumlah kebakaran tahun ini mengalami penurunan jika dibandingkan dengan jumlah kebakaran pada periode yang sama tahun lalu.
“Tahun lalu jumlah kebakaran dari awal Ramadhan sampai beberapa hari setelah Lebaran mencapai 26 kejadian,” cetus John.

Meski demikian  angka kejadian kebakaran saat Ramadhan terbilang tinggi jika dibandingkan dengan hari biasa. Sebagai perbandingan, hari biasa rata-rata terjadi dua sampai tiga kasus kebakaran dalam seminggu.

“Kejadian kebakaran saat Ramadan itu mayoritas terjadi saat sahur dan jelang buka puasa,” tutur John. Penyebabnya di waktu-waktu tersebut, ibu rumah tangga sedang beraktivitas di dapur. Selain itu, arus pendek listrik jadi penyebab lain terjadinya kebakaran. [rus]

Related posts