BPS Jabar Gelar Census Night untuk Tunawisma dan Awak Kapal

JABARTODAY.COM, BANDUNG — Badan Pusat Statistik Jawa Barat (BPS Jabar) melakukan pencacahan penduduk yang tidak mempunyai tempat tinggal tetap (tunawisma) dan awak kapal berbendera Indonesia, Selasa (15/9/2020).

Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan Sensus Penduduk September 2020, dikenal sebagai Hari Sensus.

Read More

Menurut Kepala BPS Provinsi Jawa Barat, Dyah Anugrah Kuswardani, kegiatan Hari Sensus yang dikenal juga dengan istilah Census Night diselenggarakan di 27 kabupaten/kota se- Jawa Barat, bahkan seluruh kabupaten/kota di Indonesia.

“Kegiatan ini dilakukan untuk melengkapi data hasil Pemeriksaan Daftar Penduduk dan Verifikasi Lapangan secara door to door  oleh Petugas Sensus BPS sejak 1 September 2020 lalu,” katanya.

Kegiatan Census Night menyasar penduduk Jawa Barat yang tidak memiliki tempat tinggal tetap dan awak kapal berbendera Indonesia.

Di Jawa Barat, pendataan awak kapal berbendera Indonesia dilakukan di Pelabuhan Cirebon.

Pencacahan penduduk tunawisma dilakukan di seluruh kabupaten kota, dengan lokasi pendataan di kawasan terminal, stasiun, pasar, kolong jembatan, emperan toko, tempat umum atau berbagai fasilitas umum lainnya, gelandangan di trotoar, manusia gerobak, dan lainnya.

Dyah menyampaikan, BPS Jabar tidak sendirian melakukan kegiatan ini, tetapi berkoordinasi dengan OPD terkait seperti Dinas Sosial, Satpol PP, Kecamatan, Kelurahan, RW/RT, serta petugas keamanan.

Bersama aparat,  petugas BPS yang disebut dengan tim task force menyusuri setiap lokasi sasaran bersama tim terkait untuk mendata tunawisma maupun awak kapal berbendera Indonesia yang telah bertugas setahun lebih.

Data yang dikumpulkan adalah nama, kepemilikan Nomor Induk Kependudukan (NIK), dan jenis kelamin.

Dyah menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak, khususnya seluruh penduduk Jawa Barat, yang telah berpartisipasi dalam kegiatan Sensus Penduduk 2020 di Jawa Barat.

Rangkaian Sensus Penduduk 2020 yang dimulai dengan Sensus Penduduk Online pada 15 Februari – 29 Mei 2020, dilanjutkan dengan Sensus Penduduk September 2020, disempurnakan dengan pencacahan penduduk tunawisma dan awak kapal berbendera Indonesia pada Hari Sensus.

“Terima kasih telah berpartisipasi dalam Sensus Penduduk 2020, bersama kita Mencatat Indonesia menuju Satu Data Kependudukan Indonesia,” ucap Dyah. (Raka/JT/Humas BPS Jabar)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *