BPMB Dampingi Pengusaha Kecil

  • Whatsapp
Perajin tanaman hias di Kabupaten Bandung secara tekun membersihkan kaktus. (NAJIP HENDRA SP/JABARTODAY.COM) d

JABARTODAY.COM – SOREANG

Untuk mengembangkan wawasan para pengusaha kecil, Pemkab Bandung akan melakukan pembinaan yang terkait dengan potensi unggulan daerah. Pembinaan yang dikemas dalam bentuk semiloka tersebut akan berlangsung pekan depan di wilayah timur, tengah, dan selatan dengan jumlah peserta sebanyak 66 orang.

Kepala Badan Penanaman Modal dan Perizinan (BPMB) Kabupaten Bandung Ruli Hadiana didampingi Kabid Promosi Dedi Ruswandi menjelaskan, pembinaan yang diberikan kepada pengusaha kecil meliputi berbagai peluang investasi bidan usaha kecil menengah. Peserta juga mendapat pembinaan mengenai prosedur perizinan dalam berusaha, permodalan usaha, penemuan ide wirausaha baru, perencanaan kelayakan usaha, distribusi dan pemasaran usaha, permodalan usaha dan pengemasan produk usaha.

“Pembinaan atau semiloka ini sifatnya pemberian wawasan kepada pengusaha kecil yang mungkin selama ini   belum mereka dapatkan,” Ruli dalam siaran persnya yang diterima Jabartoday.com har ini, Kamis (17/11).

Menurutnya, pengusaha kecil di Kabupaten Bandung perlu mengetahui arah pengembangan penanaman modal dan aturan-aturan yang mengikatnya. Pengembangan usaha sekarang, tidak lagi berpijak kepada cara-cara tradisional, karena dinamika dunia usaha terus berkembang dari waktu ke waktu. “Selain harus tahu aturan dan arah perkembangan penanaman modal. Sekarang pengusaha kecil pun harus menguasai dunia informasi biar tidak ketinggalan informasi oleh orang lain,” kata Ruli.

Diakui, potensi umggulan daerah Kabupaten Bandung cukup beragam, mulai dari pertanian, pariwisata, pakaian jadi, dan industri kreatif lainnya. “Peluang usaha di Kabupaten Bandung sangat terbuka lebar, yang penting para pengusaha jeli melihat situasi,” tambah Ruli.

Langkah lain yang ditempuh BPMP untuk mempromosikan potensi unggulan daerah, dilakukan melalui kegiatan pameran di luar daerah di samping mengundang sejumlah pengusaha luar daerah untuk menanamkan modalnya di Kabupaten Bandung. “Kita sampaikan peluang usaha yang bisa dilakukan Kabupaten Bandung dan kemudahan yang bisa diberikan,” pungkas Ruli. (njp)

Berita Terkait