Kompetensi Pendidik, Syarat Mutu Pendidikan

  • Whatsapp
Ketua Yayasan Pendidikan Keluarga Al-Musyawarah, Undang Abdurahman (tengah) sedang memberikan sambutan pada pembukaan Workshop Peningkatan Kompetensi Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan di Lembang pada Jum’at (18/11).

JABARTODAY.COM – LEMBANG

Pendidikan, sebagai basis transformasi ilmu pengetahuan dan teknologi, harus mampu menjawab berbagai persoalan dan tantangan yang semakin kompleks dalam kehidupan dewasa ini. Sayangnya, kita belum bisa berharap banyak mengingat kualitas pendidikan di tanah air masih harus dibenahi secara serius. Salah satu sumber permasalahannya adalah kurangnya kualitas dan kuantitas tenaga pendidik dan kependidikan yang mumpuni.

“Untuk membangun kualitas pendidikan, kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan adalah menjadi syaratnya,” demikian ditegaskan Ketua Yayasan Pendidikan Keluarga Al-Musyawarah,  Undang Abdurahman, pada pembukaan Workshop Peningkatan Kompetensi Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan di Lembang, Bandung Barat, Jum’at (18/11).

 

Menurut Undang, jika kualitas dan kuantitas tenaga pendidik dan kependidikan mumpuni masyarakat bisa berharap sekolah menjadi pusat keunggulan dan solusi bagi masyarakat. Untuk itu, pihaknya tergerak untuk menyelenggarakan workshop yang ditujukan bagi para kepala sekolah dan guru di Kecamatan Lembang, Parongpong dan Cisarua Bandung Barat.

Di tempat yang sama, ketua panitia H Muhammad Abduh mengungkapkan workshop ini diselenggarakan atas kerjasama yayasan dengan Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar, Kementerian Pendidikan Nasional. Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah membekali para peserta dengan berbagai kompetensi dasar sebagai tenaga pendidik.

“Selain menguasi teori-teori dan prinsip pembelajaran modern, peserta juga mendapat wawasan tentang karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, kultural, emosional dan intelektual. Bekal ini semoga bisa memantapkan kepribadian dan intelektualitas pendidik sebagai tauladan peserta didik di sekolah,” urai Abduh.

Workshop dilaksanakan di Kampus MTs- SMA Islam Al-Musyawarah, Lembang dengan menghadirkan fasilitator tingkat nasional, di antaranya Prof. Dr. H. Didi Suryadi, M.Ed, Dr. Hj. Renny Sofiraeni, M.Pd, Dr. Andoyo Sastromiharjo, M.Pd dan lainnya, berlangsung hingga Minggu (20/11). (fzf)

Berita Terkait