Biaya Pemilu Tinggi Jadikan DPR Korupsi

  • Whatsapp

JABARTODAY.COM.:JAKARTA- Koordinator Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (FORMAPPI), Sebastian Salang, menyatakan sepakat dengan  hasil survei Soegeng Sarjadi Syndicate (SSS) yang menempatkan DPR sebagai lembaga paling korup di Indonesia.

Sebastian dalam suatu diskusi bertajuk “Kata Survey DPR Terkorup” di Warung Daun, Cikini, Sabtu (9/6), menyebutkan ada beberapa faktor yang menyebabkan DPR sebagai lembaga terkorup.

Pertama, disebabkan sistem pemilu yang menelan biaya politik mahal. Karena itu politisi-politisi berlomba-lomba mencari duit untuk memenuhi kebutuhan politiknya.

Faktor kedua, lanjutnya, partai-partai politik yang ada di Indonesia cenderung mengandalkan pendanaan dari kadernya yang duduk di DPR. Yang ketiga, karena politisi DPR memang berperilaku hedonis.

“Yang terakhir ya memang maruk. Banyak orang DPR yang sudah kaya di DPR, sampai DPR juga malah makin maruk” cetusnya.  Hasil survei SSS pun dipandang Sebastian gambaran masyarakat. Alasannya, DPR yang seharusnya sebagai lembaga kontrol justru menjelma menjadi  koruptor sehingga masyarakat tak punya harapan lagi ke para politisi. [far]

Berita Terkait