Belasan Ribu Koperasi Mati Suri

koperasiJABARTODAY. COM – BANDUNG — kehadiran koperasi dalam dunia ekonomi dapat menjadi trigger laju pertumbuhan. Sejauh ini, di Jabar terdapat puluhan ribu unit koperasi yang bergerak dalam berbagai bidang.

“Angka pastinya, saya kurang hafal. Tapi, perkiraannya, jumlah koperasi di Jabar sekitar 25 ribu koperasi,” tandad Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (KUMKM) jabar, Dudi Sudrajat, belum lama ini.

Akan tetapi, Dudi menyatakan, sampai saat ini, jumlah koperasi yang mati suri alias tidak aktif lrbih banyak daripada koperasi yang aktif. Menurutnya, di Tatar Pasundan, koperasi aktif, yaitu yang rutin menggelar Rapat Akhir Tahun (RAT) hanya sekitar 6 ribu unit. Itu berarti, jelasnya, jumlah koperasi yang tidak aktif mencapai belasan ribu unit.

Karenanya, tegas Dudi, pihaknya melakukan berbagai upaya untuk mengaktifkan lagi koperasi-koperasi yang mati suri itu. “Kami masih terus mendata koperasi-koperasi yang tidak aktif,” cetusnya.

Mengenai rencana kerjasama dengan situs belanja online, Dudi mengiyakannya. Pendapatnya, kerjasama dengan situs belanja online dapat lebih menggerakkan koperasi. Terlebih, :ucapnya, dalam era digital, koperasi perlu revitalisasi agar lebih berdaya saing. Apalagi, tegasnya, pihaknya berkeinginan menciptakan 1 juta pelaku digital entrepreneur. “Yang jelas, kami terus menjajaki rencana tersebut, ” tutupnya. (ADR)

Related posts