BBM Naik, Polda Perketat Pengamanan

JABARTODAY.COM – BANDUNG
Isu kenaikan harga jual bahan bakar minyak (BBM) subsidi terus menguat. Bahkan, di beberapa titik, satu di antaranya, Makassar, isu dan wacana tersebut sudah menyebabkan terjadinya gejolak. Di ibu kota Sulawesi Selatan itu, terjadi kericuhan saat bergulirnya aksi unjuk rasa penolakan kenaikan harga BBM subsidi.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Jabar menyiapkan sejumlah jurus. Di antaranya, melakukan pengamanan secara dini, seandainya, pemerintah positif memutuskan harga jual BBM subsidi mengalami kenaikan.

“Tentu saja, pengamanan kami tingkatkan. Di antaranya, mengawal sistem pendistribusian BBM. Lalu, menjaga SPBU (stasiun pengisian bahan bakar umum),” tandas Kapolda Jabar, Irjen Mochamad Iriawan, belum lama ini.

Perwira tinggi kepolisian itu meneruskan, selain melakukan penjagaan pendistribusian dan SPBU, jajarannya pun siap mengantisipasi kemungkinan terjadinya aksi kriminal yang berkaitan dengan BBM subsidi, yaitu penimbunan.

Berkaitan dengan SPBU, Iriawan menyatakan, pihaknya mendata sarana dan fasilitas umum tersebut di wilayah hukumnya. Hal itu, jelas dia, supaya pihaknya dapat langsung melakukan penjagaan dan pengamanan SPBU begitu pemerintah mengumumkan kenaikan harga BBM subsidi. Mantan Kapolda Nusa Tenggara Barat itu pun meminta seluruh lapisan masyarakat untuk bersikap tenang, bijaksana, dan arif, menyikapi rencana pemerintah menaikkan harga BBM subsidi. (ADR)

Related posts