Wednesday , 20 November 2019
Home » Bandung Raya » Bandung Segera Jadi Tuan Rumah Konferensi Bambu

Bandung Segera Jadi Tuan Rumah Konferensi Bambu

Dusun BambuJABARTODAY.COM – BANDUNG
Kekayaan alam di negeri ini begitu melimpah. Satu diantaranya, komoditi bambu. Di Jawa Barat, ternyata, banyak beberapa daerah yang berusaha keras mengembangkan bambu.
 
“Di Indonesia, terdapat sekitar 130-an ras bambu. Sejauh ini, kami baru memiliki sekitar 60-an ras bambu. Kami memang mengembangkan dan membudidayakan bambu. Itu karena manfaatnya yang sangat besar, tidak hanya secara ekonomi, tetapi juga dapat menjadi sarana pelestarian alam,” ujar owner Dusun Bambu Park, Ronny Lukita, pada sela-sela Trial 12K yang digelar Garuda Finisher di Dusun Bambu Park, Parongpong, Lembang, akhir pekan lalu.
 
Ronny mengutarakan, pihaknya berkeinginan kuat untuk membudidayakan seluruh ras bambu di Indonesia. Proyeksinya, jelas dia, dalam tiga tahun mendatang atau 2017, pihaknya memiliki seluruh ras bambu nasional. “Karena bambu, negara ini dapat merdeka. Jadi, untuk menopang ekonomi dan menjaga lingkungan hidup, kami pun memaksimalkan bambu,” selorohnya.
 
Bahkan, ungkap dia, pada 2017, pihaknya punya keinginan besar yang sangat berkaitan dengan bambu. Pada tahun itu, Ronny menandaskan, pihaknya berkeinginan menggelar International Bamboo Conference.(ADR)