Bakal Jadikan Industri Keramik Primadona Baru

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengukir di keramik saat Mapay Lembur di kawasan Kiaracondong, Sabtu (1/10). (jabartoday/avila dwiputra)
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengukir di keramik saat Mapay Lembur di kawasan Kiaracondong, Jumat (30/9). (jabartoday/avila dwiputra)

JABARTODAY.COM – BANDUNG Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menjanjikan industri keramik Kiaracondong, akan menjadi primadona baru.

“Setiap kecamatan di Kota Bandung harus memiliki ciri khas dalam hal potensi ekonomi. Seperti sentra keramik turun-temurun yang jadi ciri khas kawasan Kiaracondong,” ujar Emil, sapaan akrab Wali Kota, saat kegiatan Mapay Lembur, Jumat (30/9).

Pengembangan sentra industri keramik dan destinasi wisata keramik di kawasan Kiaracondong, bakal dilangsungkan tahun 2017. “Tanah (aset)-nya memungkinan. Luasnya sekitar 3,5 hektar, tanah milik PJKA yang kebetulan kosong,” tukas Emil.

Industri keramik miliki potensi sangat baik, namun tidak dapat dipungkiri dalam segi pemasaran masih kurang optimal. Hanya saja, Emil memuji teknik pembuatan dan variasi produk yang dibuat para pelaku usaha tersebut.

Untuk itu, pihaknya akan meminta bantuan Kamar Dagang dan Industri Kota Bandung dalam membentuk pasar khusus untuk keramik. “Nanti kita titip ke Kadin untuk membuat ekosistem ekonominya, dari pembiayaan, pelatihan, sampai memasarkannya,” tegas dirinya. (vil)

Related posts