Awal Tahun, Kunjungan Turis Asing Drop

ASITAJABARTODAY.COM – BANDUNG — Memasuki 2015, ternyata, dunia pariwisata Jabar mengalami kondisi yang kurang positif. Pasalnya, pada awal tahun ini, kunjungan wisatawan ke tatar Pasundan, utamanya, wisatawan mancanegara (wisman) turun.

Ketua DPD Asosiasi Biro Perjalanan Wisata (ASITA) Jabar, Budijanto, mengakui bahwa kunjungan wisatawan, khususnya, wisman, ke Jabar memang drop pada awal 2015. Budi, sapaan akrabnya, berpendapat, kondisi ini cukup ironi mengingat nilai tukar rupiah mengalami pelemahan terhadap dolar Amerika Serikat (AS). “Terjadinya pelemahan rupiah, idealnya, termanfaatkan secara optimal guna mendongkrak kunjungan wisman,” tandas Budi, belum lama ini.

Sementara itu, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Jabar, Singapura dan Malaysia tetap mendominasi wisman yang berkunjung ke Jabar. Data BPS menunjukkan, kunjungan wisman ke tatar Parahyangan memang anjlok drastis.

Sebagai gambaran, wisman yang masuk ke Jabar melalui Bandara Husein Sastranegara pada Januari 2015 sebanyak 10.373 orang Angka itu lebih kecil 50,13 persen daripada Desember 2014, yang mencapai 20.799 orang.  Kondisi yang sama juga terjadi di Pelabuhan Muarajati Cirebon. Kedatangan wisman melalui pelabuhan tersebut sebanyak 80 orang. Keseluruhannya merupakan kru kapal.  (ADR)

Related posts