Aktivitas Pariwisata Belum Dapat Jadi Andalan

jabartoday.com/net
jabartoday.com/net

JABARTODAY.COM – BANDUNG — Hingga kini, di antara berbagai sektor, pariwisata menjadi salah satu unsur penting perekonomian. Pasalnya, pariwisata dapat menjadi trigger penggerak perekonomian nasional. Karenanya, butuh peran aktif pemerintah untuk menunjang sekaligus meningkatkan daya tarik kepariwisataan.

Sayang, sejauh ini, di Jabar, aktivitas pariwisata masih belum berefek optimal. “Memang, aktivitas pariwisata di Jabar banyak. Tapi, belum dapat menjadi andalan sebagai magnet untuk menarik wisatawan. Sejauh ini, sebagian hanya bersifat seremonial yang menjadi pelengkap kegiatan,” tandas Ketua DPD Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jabar, Herman Muchtar, di Sekretariat PHRI Jabar, Jalan Sukabumi Bandung, belum lama ini.

Menurutnya, agar agenda dan kegiatan pariwisata berdampak positif bagi sektor tersebut, fokus pada aktivitas pariwisata secara besar-besaran. Lebih efektif lagi, katanya, aktivitas pariwisata tidak terlalu sering, tetapi memiliki daya tarik untuk menarik animo wistawan berkunjung ke Jabar. Misalnya, aktivitas level internasional. “Saya kira, aktivitas pariwisata internasional punya daya tarik besar bagi wisatawan,” tuturnya.

Sebenarnya, lanjut Herman, tatar Pasunda punya potensi pariwisata yang kuat dan luar biasa. Dalam hal sumber daya alam, ujar dia, Jabar punya beberapa titik tujuan wisata. Kemudian, wisata sejarah dan religi. “Selain itu, juga ada wisata seni, budaya, kuliner, busana, termasuk yang berbasis teknologi. Jika itu terkemas dalam sebuah ajang besar. tentunya, punya daya tarik dan nilai tambah,” tutup Herman.  (ADR)

Related posts