Friday , 5 June 2020
Home » Ekonomi » Aksi 313, Daop 2 Tidak Ubah Jadwal

Aksi 313, Daop 2 Tidak Ubah Jadwal

jabartoday.com/erwin adriansyah

JABARTODAY.COM – BANDUNG — Aksi massa secara masif, kemungkinan besar terjadi pada Jumat (31/3). Tidak tertutup kemungkinan, aksi itu berdampak pada beragam sektor, termasuk transportasi.

Namun, menyikapi Aksi 313, PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) Daerah Operasional (Daop) 2 Bandung tetap memberlakukan jadwal keberangkatan secara normal. “Berkaitan dengan Aksi 313, di wilayah kami, tidak ada perubahan jadwal keberangkatan,” tandas Kepala Humas PT KAI (Persero) Daop 2 Bandung, Joni Martinus, melalui pesan What”s App Massenger.

Namun, berbeda dengan PT KAI (Persero) Daop 1 Jakarta. “Kami melakukan rekayasa pola operasi berkenaan dengan Aksi 313,” jelas Suprapto, Senior Manager Humas PT KAI (Persero) Daop 1 Jakarta, dalam siaran persnya.

Prapto, sapaan akrabnya, menyatakan, rekayasa pola itu sebagai upaya antisipasi kemacetan sebagai dampak pengalihan arus lalu lintas menuju stasiun Gambir karena adanya Aksi 313.

Prapto mengungkapkan, rekayasa itu mencakup 16 KA yang berangkat dari Stasiun Gambir, yamg pada hari itu berhenti luar biasa (BLB) di Stasiun Jatinegara. Ini, kata dia, sebagai upaya pihaknya mempermudah penumpang yang kemungkinan, terkendala kepadatan dan kemacetan lalu lintas.

Menurutnya, melaui BLB, penumpang yang sulit menuju akses masuk Gambir, dapat mencari alternatif , yaitu, naik KA di Stasiun Jatinegara. Biasanya, lanjut Prapto, KA yamg bertolak dati Gambir, tidak berhenti di Jatinegara. Pemberlakuan rekayasa itu, sahutnya, diawali keberangkatan KA 22 (Argo Parahyangan) pukul 08.30, sampai KA 28 (Argo Parahyangan) keberangkatan pukul 18.15.
Prapto mengemukakan, sebenarnya, ke-16 KA itu tetap berangkat dari Gambir sesuai jadwal. Akan tetapi, imbuhnya, dalam hal ini, pihaknya melakukan penyesuaian pola operasi. (win)

Ini ke-16 KA yang Berhenti Luar Biasa (BLB) di Stasiun Jatinegara :
– KA 22 (Argo Parahyangan)
– KA 52 (Taksaka)
– KA 64A (Tegal Bahari)
– KA 2 (Argo Bromo Anggrek Pagi)
– KA 16A (Argo Jati)
– KA 24 (Argo Parahyangan)
– KA 66A (Tegal Bahari)
– KA 68A (Cirebon Ekspress)
– KA 34 (Argo Parahyangan)
– KA 56 (Bangunkarta)
– KA 26 (Argo Parahyangan)
– KA 12 (Argo Sindoro)
– KA 44 (Bima)
– KA 18 (Argo Jati)
– KA 42 (Gajayana)
– KA 28 (Argo Parahyangan)