8 Kendaraan Sitaan Dilelang

jabartoday.com/net
jabartoday.com/net
JABARTODAY.COM – BANDUNG — Bagi para pemilik kendaraan, membayar pajak merupakan sebuah kewajiban. Apabila tidak memenuhi kewajibannya, bersiaplaj mendapat sikap tegas pemangku kebijakan. Salah satunya yaitu penyitaan kendaraan.

Adalah Kantor Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jabar yang melakukan sikap tegas itu. Lembaga negara tersebut menyita 8 unit kendaraan, yang terdiri atas 7 unit kendaraan roda empat dan saty unit kendaraan roda dua milik sejumlah wajib pajak yang tidak dapat memenuhi kewajibannya membayar pajak.

Bertempat di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL), Kamis (17/12), DJP Jabar melakukan pelelangan ke-8 unit kendaraan tersebut. “Ini adalah lelang ke-20 kalinya. Lelang ini menunjukkan keseriusan dalam penegakkan hukum,” tandas Kepala DJP Jabar I, Yoyok Satiotomo, kepada wartawan.

Dijelaskannya, tujuh kendaraan roda empat dan satu roda dua ini merupakan penyitaan dari empat Kantor Pratama Pajak (KPP) yang meliputi KPP Madya Bandung, KPP Pratama Bandung Karees, KPP Pratama Cicadas, dan KPP Pratama Cimahi. Pelelangan pun dilaksanakan KPP Pratama Garut pada 10 Desember 2015 dan KPP Pratama Sukabumi pada 14 Desember 2015.

Yoyok mengutarakan, nilai pelelangan barang sitaan tersebut, yang berlangsung melalui sistem online dan non-online, ini mencapai Rp 325, 5 juta. “Dua unit kendaraan roda empat terlelang pagi ini senilai Rp 170 juta melalui online,” tukasnya.

Diutarakan, penyitaan ini merupakan upaya terakhir penegakan hukum pajak. Sebelum penyitaan, lanjutnya, pihaknya menerbitkan surat peneguran kepada wajib pajak. Tahap berikutnya, kata Yoyok, menerbitkan surat paksa. “Terakhir penyitaan,” tutupnya. (ADR)

.

Related posts