jabartoday.com/net
jabartoday.com/net

Jabar Tawarkan Cileunyi- Tasikmalaya
JABARTODAY.COM – BANDUNG – – Ketersediaan sarana infrastruktur menjadi bagian penting dalam menggerakkan roda ekonomi. Dasar itulah yang membuat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar untuk menggulirkan berbahai program dan proyek pembangunan infrastruktur.

Satu di antaranya adalah pembangunan jalan tol. Sejauh ini, Jabar memiliki sejumlah proyek infrastruktur. Antara lain tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu). Yang terkini, Jabar siap menggulirkan pembangunan Cileunyi-Tasikmalaya.

“Infrastruktur merupakan salah satu hal yang kami tawarkan kepada investor untuk berinvestasi di Jabar,” tandas Dadang Masoem, Kepala Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (BPMPT) Jabar, di Kantor BPMPT Jabar, Jalan Sumatera Bandung, Selasa (18/8).

Menurutnya, kelengkapan infrastruktur yang andal dapat menarik minat investor. Karenanya, rencana Tol Cileunyi-Tasikmalaya menjadi bagian upaya pihaknya meningkatkan inveatasi si tatar Pasundan.

Husain Achmad, Kepala Bidang Pelayanan dan Perizinan BPMPT Jabar, menambahkan, untuk tol Cileunyi-Tasikmalaya, pihaknya menawarkanya kepada para investor, baik domestik mauoun mancanegara. Untuk mancanegara, katanya, ada beberapa negara yang biasa bergerak dan menggarap infrastruktur. “Kami menawarkannya kepada Cina dan Korea Selatan,” tutur Husain.

Husain mengakui bahwa ptoyek pembangunan Cileunyi-Tasikmalaya membutuhkan dana luar biasa besarnya. Menurutnya, kebutuhan dana investasi untuk merealisasikan tol itu, prediksinya mencapai triliunan rupiah.

Sementara itu, data BPMPT Jabar menunjukkan, realisasi investasi di tanah Parahyangan ini hingga Juni 2015 mencapai puluhan triliun rupiah. Totalny, Rp 71,40 triliun. Proyeksi investasi tahun ini Rp 95,81 triliun.

Investasi tertinggi adalah Penanaman Modal Asing (PMA). Angkanya Rp 45;55 triliun. Sedangkan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) senilai Rp 25,8 triliun. (ADR)

Related posts