Saturday , 7 December 2019
Home » Regional » 121 Perlintasan KA di Jabar, Rawan Kecelakaan

121 Perlintasan KA di Jabar, Rawan Kecelakaan

 

Salah satu perlintasan kereta api di Kota Bandung. (ISTIMEWA)
Salah satu perlintasan kereta api di Kota Bandung. (ISTIMEWA)

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Ada yang menjadi fokus kepolisian menghadapi arus mudik Lebaran tahun ini, salah satunya adalah lintasan kereta api yang tidak berpalang. Berdasarkan data, ada 121 dari 266 perlintasan KA di Jawa Barat yang tidak tertutup.

Disampaikan Kepala Kepolisian Daerah Jawa Barat Inspektur Jenderal Mochamad Iriawan, perlintasan kereta api tersebut tersebar baik di jalur utama maupun jalur alternatif. “Kita akan lakukan penjagaan selama 24 jam. Suka tidak suka, itu rawan kecelakaan, harus dijaga,” ucap Iriawan di Bandung, Kamis (17/7/2014).

Pihaknya, dikatakan Iriawan, akan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan untuk menjaga perlintasan yang tidak berpalang pintu tersebut. Ia menambahkan, penempatan anggota polisi hanya akan diprioritaskan pada perlintasan yang paling rawan. Pasalnya, fokus polisi terbagi dengan yang lain. “Kalau semua di situ, polisinya habis. Yang jelas penjagaan selama 24 jam,” tegasnya.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jabar Komisaris Besar Martinus Sitompul mengimbau kepada masyarakat yang melakukan mudik dan melintasi perlintasan kereta tanpa palang pintu lebih meningkatkan kewaspadaan. “Agar jangan lupa melihat ke kiri dan ke kanan saat melintasi rel tersebut,” imbuh Martin. (VIL)