Home » SainsTek » SMS Bulan Puasa Bisa Capai 66 Juta

SMS Bulan Puasa Bisa Capai 66 Juta

telkomselJABARTODAY.COM – BANDUNG

Memasuki bulan suci Ramadhan seluruh komoditas selalu mengalami kenaikan dan itu rutin terjadi tiap tahunnya, tidak terkecuali pada pertelekomunikasian.

General Manager Network PT Telkomsel Tbk, Iswandi, memprediksi terjadi peningkatan pemakaian jaringan pada bulan ini. “Baik voice, data, maupun SMS,” ujar Iswandi, usai penyerahan wakaf 1.000 Al-Quran di PT Telkomsel Jawa Barat, Rabu (10/7).

Pihaknya memperkirakan, frekuensi voice pada Ramadan naik 15%. “Kondisi normal, sekitar 88 juta menit per hari. Perkiraannya, naik menjadi 102 juta menit per hari,” sambungnya.

Untuk data, diperkirakan mengalami kenaikan 25%. Pada kondisi normal, sekitar 19 tera/hari. Selama Ramadan, seperti diutarakannya, berpotensi menjadi sekitar 24 tera/hari.

Tak hanya voice dan data, kenaikan pun dapat terjadi pada pengiriman SMS. Iswandi menilai, kenaikan frekuensi SMS selama Ramadan sebesar 35% dari kondisi normal, sekitar 49 juta. “Kami perkirakan, selama Ramadan, naik menjadi 66 juta SMS,” tukasnya.

Seperti diutarakan Iswandi, pihaknya memprediksi jumlah pengguna seluler di Jabar bertambah atau naik sebanyak 3 juta. Itu karena, terangnya, pada momen Ramadan, terjadi pergerakan pengguna dari daerah lain ke Jabar. “Maka itu, kita menambah kapasitas pada jalur-jalur arus mudik,” ungkapnya.

Tak hanya itu, Telkomsel juga terus melakukan penambahan Base Transceiver Station (BTS) yang bertujuan memenuhi kebutuhan dan meningkatkan pelayanan jaringan bagi para pengguna setianya.  “Hingga akhir 2013, proyeksi kami, penambahannya 1.200 BTS. Hingga kini, realisasinya melebihi 50 persen,” seru Iswandi. (VIL)

Komentar

komentar