Home » Bandung Raya » Ridwan Kamil Kolaborasi Bikin Bansos Online

Ridwan Kamil Kolaborasi Bikin Bansos Online

Ridwan Kamil

Ridwan Kamil

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Aplikasi android bernama ‘NgaBandungan‘ telah berhasil menjadi wadah bagi masyarakat untuk melaporkan kerusakan yang terdapat di Kota Bandung mendorong Calon Wali Kota Bandung Ridwan Kamil berkolaborasi dengan para pemuda membuat program bantuan sosial (bansos) online ‘Sabilulungan‘.

“Kita tahu masyarakat Kota Bandung banyak yang memiliki ide kreatif untuk memperbaiki kota ini. Namun tidak sedikit pemilik ide tersebut yang memiliki keterbatasan dana,” ujar Ridwan di Gedung Indonesia Menggugat, Rabu (19/6).

Di sisi lain, terdapat banyak dana bansos dan hibah dari pemerintah untuk membiayai berbagai proyek yang diinginkan oleh masyarakat, lembaga swadaya masyarakat (LSM), dan lainnya. Bahkan bukan hanya dana dari pemerintah, tapi terdapat pula dana milik perorangan yang menginginkan perbaikan di Kota Bandung.

“Namun mereka belum memiliki ide kreatif untuk merealisasikan hal itu. Karena tidak sedikit donatur yang khawatir dananya diselewengkan,” tambah Emil, sapaan akrabnya.

Maka dari itu, program bansos online ‘Sabilulungan‘ atau gotong royong, yang tujuannya menjadi mediator bagi para pemilik ide kreatif dan donatur untuk merealisasikan keinginan bersama untuk melakukan perbaikan bagi kota ini.

“Sabilulungan merupakan program yang sedang dicari oleh banyak anak muda kreatif Kota Bandung. Dengan adanya ini, saya yakin tidak ada penyelewengan dana bansos, hibah, dan lainnya. Dan yang lebih penting, Indonesia bisa semakin kreatif dengan proyek yang dimiliki anak bangsa,” imbuh Erlan, relawan Sabilulungan.

Emil menyebut, untuk menyelesaikan masalah di Indonesia, khususnya Kota Bandung, yang sudah sangat rumit, perlu diadakan kerjasama dari pihak pemerintah dan masyarakat.

Salah satu bukti yang terealisasikan adalah Bike Sharing yang digagas dirinya. Dimana dana yang didapat merupakan hasil kolaborasi dengan Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung, komunitas, dan lembaga. (VIL)

Komentar

komentar