Home » Bandung Raya » Abu Vulkanik Sampai ke Bandung

Abu Vulkanik Sampai ke Bandung

316123_10150314732022136_827154949_nJABARTODAY.COM – BANDUNG

Dampak letusan Gunung Kelud yang berada di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, tidak hanya berimbas kepada daerah sekitarnya, namun abu vulkanik mulai bertebaran di Kota Bandung, Jumat (14/2/2014).

Kepala Seksi Bidang Pengamatan dan Penyelidikan Gunung Api Wilayah Timur Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kristianto mengatakan, guyuran abu vulkanik erupsi tersebut sampai di Bandung karena terbawa oleh angin. “Hanya bintik-bintik saja, laporan terakhir sampai ke Purwokerto, Kebumen, bahkan ke wilayah Tasikmalaya,” ujarnya.

Letusan abu dari Gunung Kelud, sambungnya, menuju arah barat daya. Beberapa wilayah di sekitar letusan bahkan memiliki ketebalan di atas 10 sentimeter, seperti di Batu, Malang, Jawa Timur.

Ia pun mengimbau kepada warga Bandung, umumnya bagi wilayah yang terdampak abu, untuk mengenakan masker jika keluar ruangan. “Gunakan masker, karena secara tidak langsung ini bisa membahayakan kesehatan,” ucapnya.

Berdasarkan pantauan, abu vulkanik yang berterbangan ini tampak menempel di kendaraan yang terparkir. Seperti halnya terjadi di Jalan Diponegoro, Jalan RE Martadinata, Jalan Cisangkuy serta sejumlah titik lainnya. Meski demikian, abu tidak mengganggu aktivitas warga.

PVMBG belum bisa memastikan kapan abu vulkanik menyelimuti wilayah Bandung. Menurut Kristianto, tergantung kondisi erupsi gunung dan hembusan arah angin. (VIL)

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.