Deddy Mizwar Sambangi Korban Banjir di Bekasi

foto: ciricara.com
foto: ciricara.com

JABARTODAY.COM – BEKASI

Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar menyalurkan bantuan pemerintah provinsi kepada korban banjir di Perumahan Dosen IKIP, Kelurahan Jatikramat, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, Minggu (19/1/2014).

Kawasan Perumahan Dosen IKIP dan sekitarnya salah satu spot banjir yang ketinggiannya di atas satu meter. Ketinggian banjir hari ini mencapai sekitar satu meter, setelah dalam beberapa hari sebelumnya dua meter.

 

Bantuan Pemprov Jabar yang disalurkan Deddy untuk korban banjir Jatikramat berupa sandang-pangan, tenda gulung, dan perlengkapan ibu hamil dan anak senilai Rp 92.296.900 dan diserahkan secara simbolis kepada Kepala Dinas Sosial Kota Bekasi Agus Darma. “Bantuan korban banjir bukan sebatas ini. Bantuan lanjutan akan diberikan dinas terkait sesuai kondisi,” ujar Deddy.

 

Wagub menambahkan, bantuan logistik untuk memenuhi kebutuhan utama korban banjir bukan baru kali ini disalurkan. Langkah tanggap darurat melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jabar telah berjalan sejak hari pertama bencana, pekan lalu.

 

Saat menemui korban banjir, Deddy menyampaikan keprihatinanya dan mengimbau agar bersabar atas bencana ini. Ia menmbahkan agar seluruh komponen masyarakat introspeksi atas bencana banjir. “Saya harap masyarakat bersabar. Juga harus intropeksi, apakah banjir ini karena ulah kita atau bukan,” tutur mantan aktor senior itu.

 

Deddy mengimbau agar warga tidak membangun atau merusak lumbung-lumbung air. Hal itu untuk mencegah banjir berulang di masa depan.

 

Selain Kelurahan Jatikramat, Wagub juga bersilaturahim kepada korban banjir di Kelurahan Jatirasa, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi. Turut mendampingi Wakil Walikota Ahmad Syaikhu.

 

Banjir di Kecamatan Jatiasih dipicu meluapnya Kali Cikeas dan Kali Cilengsi setelah hujan mendera Kota Bekasi dan sekitarnya, sepekan terakhir. Di Jatiasih, mengacu data pihak kecamatan, korban banjir mendekati angka 1.000 kepala keluarga. (AVD)

Related posts