Home » Peristiwa » Ratusan Kilo Ganja Dimusnahkan

Ratusan Kilo Ganja Dimusnahkan

Kepolisian Daerah Jawa Barat membakar ratusan kilo ganja di halaman belakang Mapolda Jabar, Kamis (16/1/2014).  Ratusan kilo ganja ini hasil pengungkapan di Parungpanjang, Kabupaten Bogor. (JABARTODAY/AVILA DWIPUTRA)

Kepolisian Daerah Jawa Barat membakar ratusan kilo ganja di halaman belakang Mapolda Jabar, Kamis (16/1/2014). Ratusan kilo ganja ini hasil pengungkapan di Parungpanjang, Kabupaten Bogor. (JABARTODAY/AVILA DWIPUTRA)

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Direktorat Reserse Narkoba Kepolisian Daerah Jawa Barat memusnahkan ratusan kilo ganja, Kamis (16/1/2014). Ganja sebanyak 329 kilogram tersebut dimusnahkan dengan cara dibakar yang dipimpin langsung Direktur Reserse Narkoba Polda Jabar Komisaris Besar Ermi Widyatmo.

Ganja tersebut hasil pengungkapan Dit Res Narkoba Polda Jabar pada 12 Oktober 2013 di Parungpanjang, Kabupaten Bogor. Polisi menangkap EH alias B dan IS alias A. Sementara, 3 orang lagi masih buron atau masuk Daftar Pencarian Orang (DPO), yakni HS (pemilik ganja), OP (penghubung), dan DK (pemasok). “Kita masih mengejar pemilik ganja yang berasal dari Aceh,” ujar Ermi.

Kronologis sendiri, seperti dijelaskan Dir Res Narkoba, pada Sabtu (12/10/2013) sekitar pukul 19.00, EH ditangkap di belakang pom bensin Jagabaya, Parungpanjang, Kabupaten Bogor, dari dirinya ditemukan ganja sebanyak satu paket sedang. Setelah dilakukan pengembangan, sekitar pukul 00.30, IS ditangkap dan langsung dibawa ke kontrakannya di Komplek Griya Parungpanjang, Blok E/E17, Parungpanjang, Kabupaten Bogor. “Didalamnya ditemukan ganja kering siap edar sebanyak 330 kg dan satu kantong plastik ganja kering,” imbuh Ermi.

Ratusan ganja tersebut, diungkap Ermi, mencapai nilai lebih dari Rp 6 miliar dengan asumsi 1 kilo dihargai Rp 2 juta. Saat disinggung bahwa pengedaran ganja ini dikendalikan dari dalam lapas, Ermi mengaku belum mendapatkan informasi tersebut.

Akibat perbuatannya, para tersangka dikenakan Pasal 111 ayat (2) dan Pasal 114 ayat (2) UU No 35/2009 tentang Narkotika yang ancaman hukumannya maksimal 20 tahun penjara. (VIL)

Komentar

komentar