Home » Bandung Raya » Kedatangan SBY Disambut Unjuk Rasa Mahasiswa

Kedatangan SBY Disambut Unjuk Rasa Mahasiswa

(GAMBAR ILUSTRASI: ISTIMEWA)

(GAMBAR ILUSTRASI: ISTIMEWA)

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Kedatangan Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono ke Kota Bandung untuk membuka ‎​9th Indonesia Palm Oil Conference & 2014 Price Outlook, Rabu (28/11), mendapat penolakan dari elemen mahasiswa yang mengatasnamakan Mahasiswa Indonesia Menggugat (MIM).

Penolakan sendiri ditunjukkan dengan melakukan aksi unjuk rasa yang dimulai sejak pukul 10.00. Selama lebih dari satu jam para mahasiswa melakukan pemblokiran Jalan Gatot Subroto yang merupakan akses jalan menuju acara konferensi dengan membakar ban juga bendera Australia, Inggris, dan Amerika.

Dalam orasinya para mahasiswa mempertanyakan kebijakan pemerintahan SBY yang tidak pernah berpihak kepada kesejahteraan rakyat yang mengakibatkan masyarakat terpuruk. “Dampaknya kepada masyarakat semakin miskin tidak ada lapangan pekerja dan pengangguran semakin banyak, pendapatan yang tdak merata, kesenjangan rakyat miskin dan kaya semakin lebar,” ucap Koordinator Lapangan, Rendra Wibawa Setiawan, dalam orasinya.

Selain itu, mahasiswa menilai SBY tidak bisa keluar dari tekanan Amerika, Inggris, dan Australia yang ingin menguasai kekayaan alam. Belum lagi masalah hukum seperti kasus Bank Century yang menelan uang rakyat sebesar Rp 6,7  triliun yang belum tuntas hingga sekarang.  “Apakah pelaku adalah orang-orang di lingkaran SBY atau bahkan SBY sendiri ikut terlibat,” tanyanya.

Mahasiswa Indonesia Menggugat (MIM) menyatakan 3 seruan dalam rezim SBY, yaitu menolak intervensi asing yang mengeruk sumber daya alam kita dan menginjak-injak harga diri bangsa Indonesia, tuntaskan seluruh kasus korupsi pejabat tinggi negara dengan seadil-adilnya dan usir SBY beserta antek-anteknya dari tanah pertiwi, serta tegakkan harga diri bangsa.

Aksi sendiri berakhir sekitar pukul 11.05 dan dilanjutkan dengan long march menuju Jalan Turangga. (VIL)

Komentar

komentar