Home » Pendidikan » Heryawan Ingin Telkom University Buka SMK Calon Pengusaha

Heryawan Ingin Telkom University Buka SMK Calon Pengusaha

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengajak pimpinan Telkom University agar berpartisipasi aktif mencetak pengusaha baru di Jabar.  Jumlah pengusaha yang bertumbuh akan membuka lapangan kerja dan memacu perkembangan ekonomi lokal. Heryawan mengutarakan hal itu saat menerima pimpinan Telkom University di Gedung Pakuan, Jumat (4/10).

Gubernur menyampaikan gagasannya itu karena Telkom University, yang dinaungi Yayasan Pendidikan Telkom, juga merambah pendidikan dasar dan menengah. Yayasan ini memiliki Taman Kanak-kanak hingga Sekolah Menengah Atas.

Salah satu bentuk peran yang dapat ditempuh Telkom University, yakni mendirikan Sekolah Menengah Kejuruan. “Kami berterima kasih bila Telkom University membuka SMK yang diarahkan mencetak calon pengusaha,” ujar Heryawan yang didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jabar Dudi Sudradjat.

SMK calon pengusaha, jelas Aher, tidak semata-mata membekali siswa dengan keterampilan tertentu. Melainkan, siswa dididik khusus agar memiliki semangat dan kemampuan merintis usaha, sesuai dengan keterampilan yang dikuasainya. Ia mencontohkan, kemampuan anak muda Jepang dalam mengelola buah labu menjadi beragam menu kuliner. “Dihitung terdapat 40 lebih menu berbasis labu. Ini proses kreatif dalam berbisnis,” sambung Aher.

Lebih lanjut, Heryawan menyatakan, lulusan SMK dimaksud nanti dapat difasilitasi memperoleh kredit usaha dari Bank Jabar-Banten. Bila pengusaha kecil yang baru memulai usaha hanya memperoleh plafon kredit antara Rp 20-50 juta, jebolan SMK calon pengusaha dapat difasilitasi memperoleh pinjaman hingga Rp 100 juta.

Heryawan memberi alasan, melalui pendidikan khusus, calon pengusaha lulusan SMK dimaksud memiliki kemampuan lebih. “Dengan demikian, peluang usaha yang dirintis mereka berkembang lebih besar dibanding pengusaha baru yang tidak dididik secara khusus,” ucapnya.

Johni Girsang, Ketua Yayasan Pendidikan Telkom, menyambut baik permintaan Heryawan. Dia optimistis dapat mewujudkan hal tersebut, karena upaya itu pasti disokong penuh oleh pemerintah provinsi.

Telkom University kini memiliki 23 ribu mahasiswa. Kampus perguruan tinggi ini tersebar di beberapa provinsi di Tanah Air. Program studi Telkom University selain berkaitan khusus dengan teknologi informasi, juga bahkan memiliki Fakultas Ekonomi dan Bisnis. (VIL)

Komentar

komentar