Wali Kota Bandung Dipilih 23 Juni 2013

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Pada 2013, warga Kota Bandung akan menghadapi pesta politik, tidak hanya Pemilihan Gubenur Jawa Barat, namun Pemilihan Walikota Bandung yang akan diselenggarakan Minggu 23 Juni 2013. Hal itu disampaikan Komisi Pemilihan Umum Kota Bandung melalui ketuanya, Apipudin. Pertimbangan penetapan tanggal tersebut setelah dilakukan rapat dengar pendapat dengan para stakeholder di Kota Bandung, seperti Walikota, DPRD, pimpinan partai politik, kaum profesional, ormas dan lain-lain di Pendopo Kota Bandung 1 November 2012 lalu.

“Untuk segala tahapan pemilihan mendatang serta regulasinya, akan dilakukan sekitar pertengahan bulan Desember 2012 mendatang,” ujar Apipudin, dalam konferensi pers di kantor KPU Kota Bandung, Jalan Soekarno-Hatta, Senin (12/11).

Untuk anggaran sendiri disiapkan sekitar Rp 56 miliar, yang meliputi seluruh tahapan pilwalkot, termasuk putaran II bila diperlukan nantinya. Untuk pilwalkot putaran I disediakan sekitar Rp 39,1 miliar dan putaran II Rp 16,5 miliar. “Sudah diajukan ke pemerintah. Dan diharapkan bisa turun di anggaran belanja tahun sekarang,” jelas Apipudin yang ditemani Ketua Divisi Program dan Data Heri Sapari.

Untuk pendaftaran calon sendiri, KPU Kota Bandung akan membuka pada 21 Januari hingga 27 Januari 2013 bagi calon perseorangan atau independen. Sedangkan, calon dari parpol dimulai pada 25 Februari hingga 3 Maret 2013. Sedangkan, masa kampanye dimulai 6 Juni hingga 19 Juni 2013 dan masa tenang sebelum hari-H 20 Juni hingga 22 Juni 2013. “Untuk penetapan calon walikota-wakil walikota terpilih seminggu setelah pemilihan. Dan pelantikan pada 16 September 2013,” tambahnya.

KPU Kota Bandung sendiri berharap kepada semua pihak untuk membantu kelancaran acara tersebut. Karena hal ini penting untuk pembangunan Kota Bandung ke depannya. Untuk masalah Daftar Pemilih Sementara (DPS) KPU Kota Bandung akan menggunakan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dari pemilu terakhir, yaitu data Pilgub Jabar 2013. (AVILA DWIPUTRA)

Related posts