Home » Bandung Raya » Curi Uang Rp 10 juta, Mantan Anggota Polisi Diciduk

Curi Uang Rp 10 juta, Mantan Anggota Polisi Diciduk

Pelaku pencurian di sebuah hotel di kawasan Kebon Kawung diperlihatkan di Mapolsek Cicendo, Kamis (26/12). Mantan anggota polisi itu dibekuk jajaran Kepolisian Sektor Cicendo pada Selasa (24/12). (JABARTODAY/AVILA DWIPUTRA)

Pelaku pencurian di sebuah hotel di kawasan Kebon Kawung diperlihatkan di Mapolsek Cicendo, Kamis (26/12). Mantan anggota polisi itu dibekuk jajaran Kepolisian Sektor Cicendo pada Selasa (24/12). (JABARTODAY/AVILA DWIPUTRA)

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Masa liburan menjadi ladang bagi para pelaku kriminal, dikarenakan banyaknya wisatawan yang datang membuang duit mereka. Tak terkecuali, warga negara Malaysia, Gurmit Singh, yang menjadi korban pencurian saat menginap di sebuah hotel di kawasan Kebon Kawung, Senin (23/12).

Dalam kejadian tersebut, Gurmit kehilangan barang-barang pribadinya, seperti 2 buah telepon genggam merk Samsung, 1 kalung emas 25 gram, dan uang tunai Rp 10 juta.

“Modusnya adalah pelaku pura-pura bertamu, kemudian melihat pintu kamar hotel yang terbuka, lalu masuk ke dalamnya, dan mengambil barang-barang milik korban yang ada di situ,” ujar Kepala Kepolisian Sektor Cicendo Komisaris Kokon Sudrajat yang didampingi Kepala Unit Reserse Kriminal Ajun Komisaris Gatot Stia, di Mapolsek Cicendo, Kamis (26/12).

Sang pelaku, PSP (42), berhasil ditangkap oleh jajaran Polsek Cicendo, pada Selasa (24/12) sekitar pukul 06.00 di daerah Cipulir, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Penangkapan sendiri, dikatakan Kokon, berdasarkan informasi yang dihimpun pihak kepolisian. “Awalnya tersangka berkelit, setelah dilakukan penggeledahan di tas salah satu anggota keluarganya ditemukan barang bukti 2 unit hape Samsung,” ungkap Kokon.

Pelaku sendiri mantan anggota kepolisian yang pernah berdinas di Pontianak, Kalimantan Barat, dan diberhentikan karena suatu kasus pada tahun 2004. Dia datang ke Bandung hanya untuk jalan-jalan, polisi menduga dirinya berspekulasi saat berada di hotel tersebut.

Dari tangan tersangka diamankan barang bukti 2 unit telepon genggam, sedangkan uang tunai dan kalung emas masuk dalam Daftar Pencarian Barang (DPB). Pelaku dikenakan Pasal 362 KUHP tentang Pencurian dan terancam hukuman maksimal 5 tahun penjara.

Menurut Kapolsek, saat persidangan sendiri, korban tidak perlu hadir dan cukup dibuatkan Berita Acara Sumpah, mengingat yang bersangkutan adalah Warga Negara Asing (WNA). (VIL)

Komentar

komentar