Home » Hukum » Ribuan Pelanggar Lalu Lintas di Garut, Mayoritas Pelajar

Ribuan Pelanggar Lalu Lintas di Garut, Mayoritas Pelajar

razia ranmor ops zebraJABARTODAY.COM – GARUT

Sebanyak 1.149 pengendara yang melanggar aturan lalu lintas terjaring dalam Operasi Zebra Lodaya 2013 di wilayah Garut. Dari keseluruhan pelanggar, 84%-nya adalah pengguna kendaraan roda dua.

Kepala Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Garut Ajun Komisaris Bariu Bawana Darnadi mengungkap, dalam operasi tersebut dikeluarkan surat tilang 1.149 lembar, yang terdiri dari 963 motor, 132 mobil barang, 42 mobil penumpang, dan 12 bus.

 

“Pelanggaran oleh sepeda motor dan kendaraan roda dua, rata-rata karena tak membawa STNK dan SIM. Pelanggaran lain oleh pengendara sepeda motor adalah tidak mengenakan helm. Untuk pengguna mobil, pelanggaran yang banyak terjadi, pengemudi tidak menggunakan sabuk keselamatan,” ujar Bariu, di Garut, Jum’at (13/12).

 

Bariu menyebut, pelanggaran yang mencangkup kelengkapan surat-surat berkendara mendominasi daftar tersebut, khususnya sepeda motor, mencapai 501 kasus. Sedangkan, mobil sebesar 70 kasus. Seluruh kasus itu, diutarakan dirinya, sudah dilimpahkan ke pengadilan. “Kami telah melimpahkan berkas tilang sesuai dengan tanggal sidang. Barang bukti adalah 972 lembar STNK dan 112 SIM,” terangnya.

 

Mayoritas pelanggar lalu lintas yang terjaring dalam operasi pihaknya, dituturkan Bariu, adalah pelajar SMP dan SMA yang belum mengantongi SIM. “Kami membuat edaran ke sekolah, terutama SMP dan SMA, mengimbau siswa belum cukup umur untuk tidak mengemudikan kendaraan,” imbuhnya. (AVD)

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.